Konflik tanah di ITDC tak kunjung usai, ini tanggapan Pemprov - OPSINTB.com | News References -->

16/10/22

Konflik tanah di ITDC tak kunjung usai, ini tanggapan Pemprov

Konflik tanah di ITDC tak kunjung usai, ini tanggapan Pemprov

 
Konflik tanah di ITDC tak kunjung usai, ini tanggapan Pemprov

OPSINTB.com - Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah angkat bicara mengenai masih adanya saling klaim tanah antara pihak ITDC dan warga. Ia mengatakan, pemprov dalam hal ini sebagai penengah antara kedua belah pihak mempunyai aturan untuk menyelesaikannya. Tetapi, semua itu harus melalui tahapan-tahapan.

"Bukan hanya di ITDC, urusan tanah ini selalu aja ada. Tapi kan kita punya aturan ya. Mudahan dengan dipanggil lagi ITDC oleh BPN, nanti jelas semua," kata Zulkieflimansyah usai apel peringatan HUT Kabupaten Lombok Tengah ke-77 di Praya, Sabtu (15/10/2022).

Menurutnya, masalah tanah tidak hanya terjadi di ITDC saja. Namun terkait konflik saling klaim di ITDC, kata dia, sebenarnya sudah diselesaikan. Hanya saja masalahnya ialah ini muncul lagi klaim dari warga yang lain.

"Tapi ada tahapannya. Tidak bisa semua orang mengklaim," kata Bang Zul.

Senada dengan Bang Zul, Sekretaris Daerah (Sekda) NTB Lalu Gita Aryadi yang pernah menjabat Komisaris ITDC menjelaskan, klaim antara pihak ITDC dan warga sebenarnya sudah diklirkan. Tetapi, muncul lagi klaim dari warga yang lain.

Intinya, lanjut dia, satgas tetap bekerja memantau di lapangan untuk menerima keluhan dari kedua belah pihak. Karena pemerintah berfungsi memfasilitasi dengan regulasi yang tepat.

"Sudah diklirkan, tapi siapa tau ada data baru dari warga yang mengklaim. Kita fasilitasi," imbuhnya.

Ia mengaku, pihaknya sebagai penengah siap mendengarkan klaim dari kedua belah pihak. Namun pada intinya, pemprov juga akan memperjuangkan hak warga. Ia juga membantah adanya isu yang menyebutkan bahwa pemprov disetir ITDC.

"Oh gitu ya? Pemerintah tetap fungsi sesuai regulasi kok," tandasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama