Kasus Covid-19 di Lotim masih di angka nol - OPSINTB.com | News References -->

05/10/22

Kasus Covid-19 di Lotim masih di angka nol

Kasus Covid-19 di Lotim masih di angka nol

 
Kasus Covid-19 di Lotim masih di angka nol

OPSINTB.com - Kasus Corona Virus Disease atau Covid-19 secara nasional turun drastis. Hal itu diungkapkan pada saat arahan Kementrian Kesehatan, menandakan kesiapan Indonesia menuju endemi. 

Begitu pula di daerah, khususnya di Kabupaten Lombok Timur. Sampai saat ini, kasus virus tersebut sudah tidak ada, yang terpapar pun sudah sembuh semua. 

"Masyarakat di lotim sudah terbiasa dengan pandemi Covid-19," Kata Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P3KL), Dinas Kesehatan (Dinkes) Lotim, Budiman Satriadi, Rabu (5/10/2022)

Budiman menjelaskan, endemi Covid-19 sendiri merupakan virus yang secara konsisten ada, namun di wilayah tertentu. Tak menutup kemungkinan penyebabaran penyakit serta tingkat penularan itu tidak terkendali. 

Untuk menuju endemi, sebutnya penting masyarakat melakukan vaksinasi dari dosis pertama hingga ke tiga. Hal itu ucapnya merupakan langkah pemerintah untuk mengendalikan penyebaran virus mematikan tersebut.

Artinya, ucap Budiman, masyarakat yang sudah vaksin akan memeiliki daya tahan yang lebih kuat ketika terpapar virus itu.

"Jadi, kemungkinan-kemungkinan terjadinya penularan secara masif, lebih dapat dikendalikan," ujarnya Budiman. 

Capaian vaksinasi dosis pertama dan kedua, hampir 100 persen. Hanya saja capaian ketiga yang disebutnya masih rendah yaitu 38 persen. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama