Baiq Muliati : Harus ada imbal balik dari keberadaan Embung Bidadari - OPSINTB.com | News References -->

06/10/22

Baiq Muliati : Harus ada imbal balik dari keberadaan Embung Bidadari

Baiq Muliati : Harus ada imbal balik dari keberadaan Embung Bidadari

 
Baiq Muliati : Harus ada imbal balik dari keberadaan Embung Bidadari

OPSINTB.com - Niat Pemda Loteng menjadikan Embung Bidadari menjadi lokasi wisata religi ditentang langsung mantan Kepala Desa Saba, Kecamatan Janapria, Loteng, Hj Bq Muliati. Menurut dia, Embung Bidadari hanya fenomena alam yang sesaat.

"Bagaimana mau diwisatakan, itu hanya fenomena alam yang sesaat," ujar Hj Baiq Muliati pada opsintb.com beberapa waktu lalu.

Perempuan yang juga menjabat Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Loteng ini lalu mengaitkan keberadaan Embung Bidadari yang berlokasi di Dusun Jembe Barat, Desa Saba dengan daerah tersebut juga merupakan daerah emas tembakau. Ia menceritakan, Embung Bidadari dikelilingi tanaman tembakau dengan kualitas tinggi.

Hanya saja, tuturnya, sebelum dikenal masyarakat luas, dahulu akses jalan ke Embung Bidadari sangat terisolir. Hingga ia akhirnya berinisiatif melakukan perbaikan secara pribadi dibantu salah seorang anggota dewan.

"Tetapi, kalau memang Pak Bupati benar-benar mau mewujudkan itu (menjadikan Embung Bidadari wisata religi), tetapi satu catatan harus diingat, perbaiki dulu jalan ini, perbaiki dulu saluran ini," kata Baiq Muliati.

Ia menginginkan setidaknya Pemda memberikan timbal balik dari keberadaan Embung Bidadari. 

"Kami yang tau keadaan di bawah dengan lokasi tersebut juga merupakan daerah penghasil tembakau, tolong perbaiki aksesnya untuk juga mempermudah masyarakat mengangkut hasil panen tembakau. Tembakau ini penyumbang terbesar untuk pemerintah. Tapi kami juga mau imbal balik. Ya tengoklah jalan ini," harapnya.

Selain untuk kepentingan masyarakat petani tembakau, akses jalan juga sangat dibutuhkan oleh para pedagang dari desa setempat. Sebabnya kunjungan ke Embung Bidadari dari hari ke hari semakin meningkat. Hingga para pedagang dadakan di lokasi tersebut memperoleh keuntungan yang berlipat.

"Akses itu juga penting untuk para pedagang. Karena pengunjung semakin ramai apalagi kalau akhir pekan, banyak yang datang dari Lotim," ungkapnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama