World Cleanup Day ingatkan masyarakat beretika terhadap lingkungan - OPSINTB.com | News References -->

19/09/22

World Cleanup Day ingatkan masyarakat beretika terhadap lingkungan

World Cleanup Day ingatkan masyarakat beretika terhadap lingkungan

 
World Cleanup Day ingatkan masyarakat beretika terhadap lingkungan

OPSINTB.com - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Tengah, Supardiono menyebut, momen World Cleanup Day atau hari bersih-bersih sampah sedunia yang diperingati tanggal 17 September kemarin adalah sebagai pengingat bagaimana masyarakat beretika (bertatacara) terhadap lingkungan masing-masing.

"Terkait World Cleanup Day ini sebenarnya upaya pengurangan sampah dari hulu ke hilir dan bagaimana etika kita terhadap lingkungan," sebut Supardiono pada opsintb.com, Senin (19/9/2022).

Ia mengatakan masalah sampah di Lombok Tengah sangat terbantu dengan adanya komunitas atau kelompok masyarakat peduli sampah. Jadi sampah-sampah yang sudah masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) adalah sampah residu atau yang sudah dipilah oleh mereka.

"Sampah yang sudah masuk TPA murni hasil residu. Hasil pemilahan-pemilahan yang sudah dilakukan kelompok masyarakat peduli sampah," kata Supardiono.

Adapun anggota kelompok masyarakat peduli sampah di Lombok Tengah saat ini berjumlah 100 anggota. Mereka tersebar di sejumlah kecamatan. Untuk kelompok masyarakat peduli sampah di Desa Semparu, Kecamatan Kopang, Supardiono menerangkan, mereka sudah mampu menghasilkan sampah organik dan gas.

"Untuk Desa Semparu hampir tidak ada residu yang dibuang ke TPA. Mereka sudah melakukan konsep pemilahan sampah yang maksimal sampai dengan menghasilkan pupuk organik dan bisa memanen gas," terangnya.

Bupati Lombok Tengah, HL Pathul Bahri mengatakan, World Cleanup Day di Lombok Tengah akan terus diadakan setiap tahun. Ia mengungkapkan, Wold Cleanup Day adalah hal positif dan harus didukung semua pihak.

Ke depan World Cleanup Day akan diadakan di masing-masing kecamatan. "Kita semua tau bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Untuk itu ke depan saya berharap acara ini akan dilaksanakan di masing-masing kecamatan," ungkap Pathul.

Acara World Cleanup Day yang diperingati tiap tanggal 17 September untuk pertama kali digelar di Lombok Tengah dan dipusatkan di Pasar Renteng, Kecamatan Praya. Selain di Pasar Renteng, kegiatan tersebut juga dilakukan di lima lokasi berbeda yaitu di Pantai Kuta, Gunung Bongak, Gunung Tunak, Bilebante, dan Karang Sidemen. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama