Pembangunan Dam Mujur segera masuki proses LARAP - OPSINTB.com | News References -->

21/09/22

Pembangunan Dam Mujur segera masuki proses LARAP

Pembangunan Dam Mujur segera masuki proses LARAP

 
Pembangunan Dam Mujur segera masuki proses LARAP

OPSINTB.com - Rencana pembangunan Bendungan atau Dam Mujur di Kecamatan Praya Timur masuk dalam proses Land Acquisition And Resettiesment Action Plan (LARAP).

Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri menjelaskan, LARAP penting dilakukan untuk mengetahui apa yang menjadi kehendak masyarakat terdampak pembangunan dam Mujur. Misalnya, masyarakat terdampak menginginkan untuk direlokasi ke suatu tempat yang sudah dimusyawarahkan dan disepakati bersama.

"Karena memang kita akan ketahui lebih jauh apa yang menjadi kehendak masyarakat itu, maka penting adanya LARAP ini," jelas Lalu Pathul Bahri pada wartawan di Kantor Bupati Lombok Tengah, Selasa (20/9/2022).

Ia mengatakan, dalam perencanaan pembangunan Dam Mujur sudah tentu akan ada kendala yang akan dihadapi. Apalagi jika sudah bersentuhan dengan masyarakat. Karena pembangunannya sudah pasti akan mengorbankan tanah, rumah, sekolah, dan lainnya.

"Yang namanya juga berhubungan langsung dengan masyarakat kendala-kendala itu pasti ada. Nah ini yang harus kita duduk bersama untuk menyelesaikan persoalannya," kata Pathul.

Dia memastikan proses LARAP akan dilakukan dalam waktu dekat atau paling tidak minggu depan. LARAP dilakukan untuk mendata luas lahan yang akan dipakai untuk genangan dam dan untuk mengetahui jumlah sekolah, madrasah, masjid, serta rumah warga.

"Ya akan LARAP dalam waktu dekat. Semua didata; berapa jumlah pohon kelapa, rumah, masjid, sekolah, dan lainnya," tegasnya.

Proses LARAP, sambung Pathul, juga untuk mengetahui jumlah dana yang akan dikeluarkan untuk proses pembangunan dam Mujur. Selain itu, untuk memastikan apa saja yang menjadi persoalan dan keinginan masyarakat.

"Itu tujuan LARAP itu. Akan kita ketahui persoalan masyarakat dan apa yang ada di dalam manakala sudah LARAP," pungkasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama