Berwisata di Gili Trawangan tak cukup dua hari - OPSINTB.com | News References -->

26/09/22

Berwisata di Gili Trawangan tak cukup dua hari

Berwisata di Gili Trawangan tak cukup dua hari

 
Berwisata di Gili Trawangan tak cukup sehari

Foto : Gili Trawangan (pixabay.com)

OPSINTB.com - Tak cukup sehari dua hari, wisatawan yang berkunjung ke Gili Trawangan sebaiknya mempersiapkan lebih banyak waktu.

Pasalnya, pesona Gili Trawangan yang berada di deretan gugusan pulau Tiga Gili itu, sudah tidak diragukan lagi. Keindahan pantai dan air lautnya yang jernih menjadi magnet bagi pelancong dunia. Begitupun kearifan lokal dan keramahan warga dalam menyambut pengunjung yang datang ke pulau yang dijuluki potongan surga oleh wisatawan dalam negeri hingga luar negeri.

Melihat potensi wisata yang luar biasa, warga dan pemerintah membangun lokasi tersebut secara perlahan. Adat dan budaya serta kearifan lokal menjadikan keunikan tersendiri ini. Suasana alami khas pantai Nusantara, banyak memikat semua orang untuk berlibur ke pulau ini.

Tidak hanya itu, untuk memanjakan pengunjung, Gili Trawangan juga menyediakan beragam akomodasi, restoran, dan aktivitas berlibur, seperti menyelam untuk melihat keindahan alam bawah lautnya yang sangat mempesona. Air lautnya sangat jernih dan bebas polutan sehingga biota laut hidup sangat nyaman tanpa terganggu.
Selain biota lautnya yang sangat terjaga kelestariannya, arus air lautnya pun bisa dibilang cukup tenang sehingga akan menambah keseruan anda selama menyelam.

Di gili juga pengunjung dapat menikmati udara segar dan bebas dari Kemacetan dan polusi Kendaraan. Pelaku wisata dan masyarakat setempat hanya menyediakan sepeda dan cidomo atau delman sebagai alat transportasi mengelilingi pulau dengan panjang 3 km dan lebar 2 km itu.

Tidak hanya itu, selain wisata alam dan pantai, wisatawan disuguhi juga spot wisata yang eksotik, fasilitas penginapan yang murah hingg yang mahal. Begitupun dengan wisata kulinernya yang tidak kalah menarik. Rangkaian kuliner murah meriah khas lokal hingga internasional tersedia. Beragam menu makanan mulai dari menu seafood dengan ikan yang masih fresh, hingga makanan lain seperti ayam goreng dan bakar, bahkan makanan tradisional Lombok pun tersedia di sini. 

Tidak cukup sampai di situ, Pemprov NTB melalui Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara menyiapkan berbagai event yang dapat memperpanjang length of stay atau durasi berkunjung wisatawan. 

Ketua BPPD NTB, Ari Garmono menjelaskan, Pemprov NTB bekerjasama dengan Pemda setempat menyiapkan berbagai event yang terkoneksi antara kegiatan di Gili dan di daratan KLU. 

Selain itu, akan ada branding Desa Wisata yang menyuguhkan keeksotisan Air Terjun Santong. Hal tersebut yang nantinya diharapkan Ari akan dapat memperpanjang durasi kunjungan para wisatawan. 

"Koneksitas aktifitas Gili dengan event-event yang ada di daratan KLU dan branding desa wisata air terjun di Santong," tutur pemeran film lokal bertajuk Obituary tersebut.

Ari melanjutkan, pariwisata di tiga Gili (Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno) khususnya Gili Trawangan merangkak pulih dari Pandemi Covid-19. Gili Trawangan sendiri salah satu zona wisata hijau di Provinsi NTB yang hampir selalu zero case Covid-19. Sehingga tak heran, Gili Trawangan menjadi tempat yang sangat aman untuk menggelar berbagai event menarik. Salah satunya adalah Gili Festival yang ditutup Sabtu 24 September 2022 kemarin.

"Gili Trawangan sejak Juli mulai merangkak pulih, puncaknya di Minggu ke 2 Agustus yang mencapai 2000 orang perhari. Kini di acara Gili Fest seperti yang dilihat di foto," tutur Ari. 

Gili Festival 2022 sendiri diisi berbagai kegiatan budaya dan modern. Pada hari pertama, event dibuka dengan kegiatan mandi safar. Selain itu, terdapat kegiatan Gili Triatlon, fun run, fire dance, wayang sasak, hingga peresean.

"PRnya selalu bagaimana menarik wisatawan di Gili ke Mainland agar length of staynya bisa diperpanjang. Konsepnya sudah ada, semoga tahun depan bisa diimplementasikan," tutup Ari. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama