Penting disimak, ini cara mendidik anak dalam Islam - OPSINTB.com | News References -->

14/08/22

Penting disimak, ini cara mendidik anak dalam Islam

Penting disimak, ini cara mendidik anak dalam Islam

 
Penting disimak, ini cara mendidik anak dalam Islam

OPSINTB.com - Persoalan mendidik anak belakangan menjadi perbincangan hangat diberbagai kalangan. Pasalnya, setiap orang menginginkan yang terbaik bagi nasib generasi emas ini.

Bicara pendidikan bagi anak, yang paling utama bukan di bangku sekolah, namun justru yang paling penting adalah tahapan pendidikan di dalam keluarga. 

Berbagai bidang ilmu, telah banyak berbicara persoalan ini. Tapi bagaimana dengan islam membahas mengenai masalah pendidikan anak.

Tentu saja Islam berbicara mengenai hal tersebut, bahkan dalam Al quran pun secara ekspelisit telah disinggung, yakni di surat An Nisa' ayat 9.

Dalam kitab-kitab karangan ulama terma juga membahasnya, khususnya berkenaan dengan cara memberikan pendidikan dengan level sesuai usia anak.

Sebab, sudah barang tentu perbedaan usia bakal mempengaruhi pada cara pendekatan dalam melakukan pendidikan anak dalam keluarga sebagaimana tuntunan Islam.
 
Di lansir dari NU Online, Pengasuh Pondok Pesantren Madrasatul Quran (MQ) Tebuireng, KH Ahmad Mustain Syafii menjelaskan, beberapa fase berbeda dalam mendidik anak yang sayangnya, tak jarang tahapan ini kerap kali tidak dipahami oleh para orang tua. Sehingga menyebabkan kekeliruan dalam mendidik anak-anaknya.

Menurutnya, pembagian tahapan ini sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW yang tersirat dalam beberapa hadits nabi. Oleh Kiai Mustain, ada tiga fase secara umum dalam mendidik anak yaitu tahap awal 0-7, kedua 7-14, dan ketiga 14-21 tahun. 

Ia menjelsakan, pada fase pertama, seorang anak akan menghabiskan waktunya untuk bermain. 

"Saat anak kita berumur 0-7 tahun maka pendidikan yang cocok adalah bermain. Karena pada saat itu fase seorang anak adalah dunia bermain," kata KH Ahmad Mustain Syafii, seperti dikutip dari NU Online, Minggu (14/8/2022).

Namun demikian, lanjutnya, pada tahap ini seorang anak tetap harus dididik dan dipantau oleh orang dewasa. Seperti nabi menyuruh mengajari anak salat pada usia 7 tahun. 

Masih dari sumber yang sama, selanjutnya pakar tafsir Al-Qur’an ini menambahkan, dalam fase kedua yaitu saat anak berumur 7-14 tahun, jenis pendidikan yang cocok untuk seorang anak adalah pengajaran akhlak dan tata karma, bila perlu disertai pemaksaan. 

"Nabi pesan, jika anak sudah berusia 10 tahun dan anak tidak shalat maka diperbolehkan untuk dipukul. Usia ini diajarkan tata krama terhadap sang Khaliq, kepada orang tua dan manusia," tambahnya. 

Pada fase berikutnya, lanjut Kiai Mustain, yaitu umur 14-21 tahun, cara mendidik anak yaitu dengan pendekatan dialogis. Dalam tahap ini seorang anak diajak dan diajarkan untuk menceritakan tentang masalah yang dihadapinya. 

Pada fase ini kehadiran orang tua sangat dibutuhkan untuk mendengarkan cerita anak. Di usia ini, anak-anak lebih butuh perhatian, diakui dan didengarkan pendapatnya.

Bila orang tua tidak tanggap maka anak akan lari dan pergi mencari pelampiasan ke pada sesuatu yang lain, untuk mendapatkan perhatian yang tidak dia dapatkan dari orang tuanya. Makin menghawatirkan lagi sebab pada saat usia ini, seorang anak mulai memiliki ketertarikan pada lawan jenis.

"14 tahun ke atas anak adalah teman orang tua. Jadi pendekatannya dialogis. Kita perlu ingat pesan Khalil Gibran: 'Anakmu bukan anakmu. Kamu bisa membuatkan rumah untuk raganya, tapi tidak untuk jiwanya'," ungkap Kiai Mustain, seperti yang tertulis di NU Online.

Ia mengatakan, terkadang dalam mendidik anak orang tua seringkali menganggap jika putra-putrinya masih anak-anak. Sehingga diperlakukan kayak anak-anak. 

"Ketika menasihati anak lewat lidah itu rawan menyakiti perasaan, kadang anak merasa bukan anak kecil lagi. Maka doa menjadi senjata utama," ujarnya. 

Allah mencontohkan orang tua yang mendoakan anak-anaknya. Seperti dalam  Al-Qur'an surat Ali Imron Ayat 36, ada contoh doa Maryam untuk bayinya. Doa Nabi Ibrahim untuk anak turunnya juga banyak di Al-Qur’an. Misalnya Surat Ibrahim ayat 40-41. Sehingga banyak anak turun Nabi Ibrahim yang jadi nabi. 

"Tradisi nabi-nabi adalah mendoakan anak-anaknya," ungkap Kiai Mustain. 

Fase di atas sangat penting diketahui oleh orang tua baik laki-laki maupun perempuan. Karena mereka berdua berperan sebagai pendidik pertama dan utama dalam keluarga. Keduanya memegang peranan penting dan strategis dalam mendidik anak-anaknya. 

Hal ini sesuai dengan firman Allah, “Wahai orang-orang yang beriman. Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka...” (QS. At-Tahrim: 6). 

Rasulullah SAW dalam sebuah hadistnya bersabda, “Tidak  ada seorang anak Bani Adam, kecuali dilahirkan di atas firtahnya, (jika demikian) maka kedua orangtuanya itulah orang menjadikannya Yahudi, atau Nasrani atau Majusi, ...” (Muttafaqun ‘alaih).  

Dalam hadist yang lain Rasulullah SAW bersabda, “Perintahkanlah anak-anakmu mengerjakan shalat ketika berusia tujuh tahun, dan pukullah mereka jika tidak mau mengerjakannya ketika berusia sepuluh tahun,” (HR. Abu Daud, Al Turmuzi, Ahmad dan Al Hakim). 

Makna yang terkandung dalam firman Allah dan hadits di atas sejalan dengan pendapat seorang ahli pendidikan, Dr. Decroly  yang menyatakan bahwa, 70 persen dari anak-anak yang jatuh kedalam jurang kejahatan itu berasal dari keluarga-keluarga yang rusak kehidupannya. 

Oleh karena itu, orang tua mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk moral kepribadian anak, yaitu melalui pendidikan yang dipraktikkan melalui sikap perbuatan atau teladan dalam kehidupan sehari-hari. (hkk/red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama