Momen HUT RI ke-77, Masjid Bengan Songak raih penghargaan dari PW DMI NTB - OPSINTB.com | News References -->

15/08/22

Momen HUT RI ke-77, Masjid Bengan Songak raih penghargaan dari PW DMI NTB

Momen HUT RI ke-77, Masjid Bengan Songak raih penghargaan dari PW DMI NTB

 
Momen HUT RI ke-77, Masjid Bengan Songak raih penghargaan dari PW DMI NTB

OPSINTB.com - Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) wilayah NTB, menggelar pemberian penghargaan untuk seluruh Masjid di wilayah Nusa Tenggara Barat. Anugerah tersebut berdasarkan tipologi masjid pada suatu daerah yang tergolong pada kategori Masjid Jami' Provinsi, Kabupaten/Kota sampai dengan tingkat desa/kelurahan. Acara itu digelar di Ballrom Masjid Hubbul Wathon Islamic Center Mataram, Senin (15/8/2022).

Pada kategori masjid jami' tingkat desa dan kelurahan di Lombok Timur, Masjid Kuno Songak yang oleh masyarakat setempat menyebut dengan nama Masjid Bengan keluar sebagai juara I tipologi atau kategori Masjid Jami' desa/kelurahan di wilayah Kabupaten Lombok Timur. 

Ketua Pengurus DMI Lombok Timur, H Mashur menilai, Masjid Bengan merupakan situs bersejarah yang masih mempertahankan fungsi ke masjidnya, dengan masjid lain yang tergolong baru berdiri.

"Nilai sejarah, budaya dan agama menjadi daya tarik Masjid Kuno Songak, di samping arsitekturnya yang masih terjaga," ungkap Panitia atau Pengurus DMI NTB. 

Pemerhati Masjid Bengan, Murdiyah, yang sehari-hari mengurus bangunan tua itu mengungkapkan syukur kepada Allah SWT, atas penghargaan tersebut. 

Pria yang juga sebagai Pemangku Adat dan Agama di wilayah Desa Songak ini, menyebut anugrah itu sebagai bukti cinta, kasih sayang, serta penjagaan sang Khalik atas masjid ini. Yang didirikan oleh para Wali Allah.

"Anugerah juara I ini, menjadi bukti bahwa Allah SWT memberikan bukti bahwa Masjid Kuno Songak masih dijaga oleh Allah Yang Maha Rahman Rahim, dan kami mengucapkan rasa terima kasih pada Dewan Masjid Indonesia NTB yang telah memberikan penghargaan ini," ucap Murdiyah. 

Menurut Wakil Ketua Lembaga Adat Dhrama Jagad Songak, Rof'il Khaeruddin, penghargaan itu disebutnya sebagai simbol peradaban islam di Desa Songak, yang masih diakui masyarakat NTB khususnya, secara Nasional pada umumnya.

"Tentu melalui situs bersejarah Masjid Kuno Songak, dengan demikian masyarakat Songak harus bersyukur," ungkapnya.

Untuk diketahui, Masjid Kuno Songak merupakan salah satu Masjid yang terpilih sebagai Masjid Cagar Budaya yang masuk pada Peninggalan Sejarah Islam Indonesia Timur yang telah diterbitkan oleh Kemendikbud pada tahun 2020 lalu. Maka hal ini juga menjadi salah satu alasan Masjid Kuno Songak menjadi juara I kategori Masjid Jami' desa/kelurahan di wilayah Lombok Timur. (hkk)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama