Dosen Undova gelar pelatihan pembuatan kertas biodegradable dari rumput laut - OPSINTB.com | News References -->

10/08/22

Dosen Undova gelar pelatihan pembuatan kertas biodegradable dari rumput laut

Dosen Undova gelar pelatihan pembuatan kertas biodegradable dari rumput laut

 
Dosen Undova gelar pelatihan pembuatan kertas biodegradable dari rumput laut

OPSINTB.com - Rumput laut merupakan komoditi yang penting bagi masyarakat di Desa Labuhan Kertasari, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat. Pasalnya, sebagian besar masyarakatnya menggantungkan hidup di rumput laut. 

Berkembangnya budidaya rumput laut dan industri rumput laut, berimplikasi positif terhadap kesejahteraan masyarakat. 

Namun, industri pengolahan rumput laut di Desa Labuhan Kertasari masih kurang, disebabkan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat terkait cara mengolah rumput laut menjadi produk yang bernilai ekonomi. 

Masyarakat setempat dominan mengandalkan rumput laut kering pantai, dimana setelah panen langsung dijemur dan ketika kering langsung dijual ke pengepul.

Dari hasil diskusi antara pengusul dengan mitra, maka disepakati 2 permasalahan perioritas yang akan diselesaikan, yaitu kurangnya pengetahuan terkait pengolahan rumput laut menjadi produk non pangan dan kurangnya inovasi kemasan untuk meningkatkan daya jual produk.

Melihat kondisi ini maka Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Cordova (Undova) yang terdiri dari Ibu Andi Maria Ulfa, Ahdi Topan Sofyan, dan Amirul Hilmi, melaksanakan pelatihan pembuatan biodegradable paper (kertas biodegradable) bag dan biofertilizer dari rumput laut. Kegiatan ini juga bekerjasama dengan salah satu Tenant Satker BPP3KP Mataram, Agus Suhaili.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tridharma yang dilakukan oleh dosen Undova, dimana pembiayaan kegiatan bersumber dari Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) Tahun 2022 Kemdikbud Dikti.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 8-9 Agustus 2022 dan diikuti oleh peserta sebanyak 15 orang. Sebagian besar peserta merupakan anggota dari Poklahsar Sinar Pagi dan beberapa dari UMKM lainnya yang ada di Desa Labuhan Kertasari.

Pada pembukaan pelatihan ini, dihadiri oleh Pemdes Labuhan Kertasari diwakili Sekdes, Julianto Daeng Sibeta. Hadir juga penyuluh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa Barat, Rinto Basuki.

Dalam sambutannya, Julianto sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap pelatihan-pelatihan yang lain dapat dilaksanakan pada waktu yang lain. "Semoga jalinan kerjasama antara Undova dan Pemdes Labuhan Kertasari dapat berlanjut," harapnya, Senin (8/8/2022).

Sementara Ketua Tim PKMS Tahun 2022, Andi Maria Ulfa menyampaikan, pelatihan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian PKMS Undova kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan kesejahteraan melalui derivatisasi produk olahan rumput laut.

Peserta pelatikan praktek membuat kertas beodegradable

Di lain kesempatan, Selasa (9/8/2022), Mari Ulfa menjelaskan, materi pelatihan pembuatan biodegradable paper bag dan biofertilizer dari rumput laut disampaikan oleh Agus Suhaili dan Amirul Hilmi. Pembuatan biodegradable paper bag menggunakan jenis rumput laut Euchema Cottoni. "Paper bag ini 99 persen komposisinya dari rumput laut, sehingga mudah terurai oleh mikroorganisme dan alam serta aman bagi lingkungan," imbuhnya. 

Pada proses pembuatan biodegradable paper bag menghasilkan limbah (ampas), ampas ini kemudian dijadikan sebagai pupuk organik (biofertilizer).

Peserta yang mengikuti pelatihan sangat antusias dan sangat merasakan manfaatnya. Berdasarkan tes yang diberikan, sebelum dan sesudah pelatihan, sebagian besar peserta sebelum pelatihan tidak faham dengan biodegradable paper bag dan biofertilizer dari rumput laut. Dan setelah pelatihan peserta menjadi lebih faham dan terampil dalam membuat dengan biodegradable paper bag dan biofertilizer dari rumput laut.

"Pelatihan ini sangat menarik dan menyenangkan untuk diikuti, saya mendapatkan ilmu dan keterampilan baru dalam mengolah rumput laut menjadi produk non pangan, karena selama ini saya hanya mengolah rumput laut menjadi produk pangan," ujar Nurjaming, Ketua Poklahsar Sinar Pagi usai pelatihan. (yan/red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama