Bornong Bike Park akan kembali digelar pada Oktober 2022 - OPSINTB.com | News References -->

29/08/22

Bornong Bike Park akan kembali digelar pada Oktober 2022

Bornong Bike Park akan kembali digelar pada Oktober 2022

 
Bornong Bike Park akan kembali digelar pada Oktober 2022

OSPINTB.com - Event King of Borning Bike Park Enduro 2022, telah sukses digelar. Namun bagi pencinta sepeda gunung bisa menikmati kegiatan serupa bulan Oktober 2022 mendatang.

Kegiatan ini kembali dalam rangka merayakan HUT Desa Aik Prapa, Kecamatan Aikmel. Dengan tema yang berbeda yakni Enduro Fun Race 2022.

Kepala Desa Aik Prapa, HM Sahdi mengatakan, melihat antusias peserta dan warga setempat, pihaknya berencana bakal kembali menggelar kegiatan tersebut.

"Kita adakan kembali, dalam rangka HUT Desa Aik Prapa," kata Sahdi, saat ditemui di sela pengumuman pemenang King of Bornong Bike Park Enduro 2022 kemarin, Ahad (28/9/2022).

Sahdi mengaku, sebelumnya dia pesimis kegiatan itu bisa berjalan dengan sukses seperti yang nampak saat ini. Lantaran gelaran semacam itu baru pertama kali dilaksanakan di lokasi itu. 

Tapi anggapan itu menurutnya terbantahkan, lantaran kegiatan itu berbuah manis. Kepercayaan dirinya lahir juga, melihat kerja keras pemuda dan pihak lain yang mendukungnya.

Di lain sisi, ucapnya, kegiatan semacam itu bisa mengangkat ekonomi masyarakat setempat. 

"Banyak masyarakat kita berjualan di sini, dan menyewakan rumahnya untuk peserta," terang dia. 

Karena itu dia berjanji, tahun 2023 bakal menyiapkan anggaran untuk kegiatan karang taruna setempat, agar lebih leluasa memajukan wisata olah raga sepeda tersebut. 

Tidak hanya itu, dia berencana akan mengembangkan wisata tersebut, yakni fasilitas penginapan, wisata budaya dan lainnya. 

"Kita akan kembangkan wisata di Desa Aik Prapa ini, tidak hanya wisata sepeda saja," imbuhnya.

Sementara itu, Kadispar Lombok Timur, Iswan Rachmadi mengatakan, ia mengaku senang dengan berbagai event yang tak hanya di Bornong, Aik Prapa. Tapi juga di desa lain di Lotim.

Event sport Enduro 2022 ini, harapannya tak hanya sepeda, tapi harus berkembang. Tentunya menjadi destinasi alam, namun juga menyentuh budaya, kuliner, hingga homestay dan perhotelan.

"Sehingga manfaatnya dirasakan betul oleh masyarakat," ujarnya.

Seperti saat ini, ujar dia, peserta menginap di rumah-rumah penduduk. Sehingga masyarakat bisa menikmati manfaat dari destinasi sport tourism ini.

Yang paling penting, jelasnya, diajak agar masyarakat welcome terhadap semua pengunjung yang datang. Hal itu disebutnya sesuai dengan nilai agama, yakni memuliakan tamu.

Ia mengatakan, dalam agama telah ada konsep berwisata berupa memuliakan tamu. Sehingga bisa berkesan.

"Kalau sudah berkesan secara otomatis maka orang akan kembali kesini," ucapnya.

Iswan sangat optimis, destinasi itu bakal menjadi tempat populer. Pasalnya, lokasi itu menjadi warna baru pariwisata Lotim.

Selain alam berupa gunung, budaya, kali ini sport tourism. Ia berjanji akan mensuport keberadaan destinasi satu ini.

"Sudah kita daftarkan di kalender event wisata Lotim juga tahun 2023. Kunci event sukses yang berkelanjutan dan sustainability," tandas Iswan. (hkk)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama