Sultan Cirebon sebut Sembalun Swisnya Indonesia - OPSINTB.com | News References -->

Jumat, 15 Juli 2022

Sultan Cirebon sebut Sembalun Swisnya Indonesia

Sultan Cirebon sebut Sembalun Swisnya Indonesia

 
Sultan Cirebon sebut Sembalun Swisnya Indonesia

OPSINTB.com - Julukan istana atas awan bagi Sembalun sepertinya sudah biasa. Baru-baru ini wilayah tersebut disamakan dengan Swis-nya Indonesia.

"Tadi saya bincang dengan Ratu Ternate, ini Swis-nya Indonesia," kata Sultan Cirebon, Pangeran Heru Rusyamsi Arianatereja, dalam sambutannya kemarin, Kamis (14/7/2022).

Ungkapan itu diucapnya saat memberikan sambutan mewakili raja-raja Nusantara pada acara Ritual Adat Ngayu-Ayu di Sembalun, Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

Ia mengaku sesampainya di Lombok disebutnya daerah yang sangat luar biasa. Dirinya mengatakan, sempat berbincang dengan orang nomor satu di Lotim, HM Sukiman Azmy, tentang keinginannya mendaki Gunung Rinjani yang indah.

Namun demikian dirinya mengakui tangannya tak berdaya kaki tak sanggup. Dengan hamparan bukit di bawah kaki Gunung Rinjani ini, kata dia, seandainya saja ada sebuah fasilitas semacam gondola atau kereta gantung menurutnya itu sangat menarik sekali. Bisa berkeliling ke seluruh bukit di kawasan itu.

"Ini hanya harapan saya karena ingin menyentuk indahnya bukit-bukit di Sembalun ini," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy, meminta agar ritual Adat Ngayu-Ayu dimasukan ke dalam kalender wisata baik kabupaten hingga provinsi. 

Konsistensi pelaksanaan ritual itu, kata dia, menjadi media meningkatkan kunjungan wisata baik lokal hingga mancanegara di destinasi kawasan Sembalun. Lantaran kawasan itu disebutnya tak hanya sebagai daerah wisata, tapi juga sebagai benteng kebudayaan.

"Juga menjadi benteng pertahanan menjaga ekosistem di kawasan Geopark Rinjani," pungkas Sukiman. (hk)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama