Kemensos RI salurkan 210 paket Atensi di Kecamatan Suralaga - OPSINTB.com | News References -->

30/07/22

Kemensos RI salurkan 210 paket Atensi di Kecamatan Suralaga

Kemensos RI salurkan 210 paket Atensi di Kecamatan Suralaga

 
Kemensos RI salurkan 210 paket Atensi di Kecamatan Suralaga

OPSINTB.com - Masih dalam rangkaian peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022, Kementerian Sosial RI melalui Sentra Dharma Guna Bengkulu memberikan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) untuk 210 anak dengan total bantuan sejumlah Rp 314.907.000 di Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur, NTB.

Kegiatan ini dipusatkan di objek wisata Embulan Boroq yang terletak di Dusun Anjani Timur Dua, Desa Anjani, Kecamatan Suralaga, Sabtu (30/7/2022).

Bantuan ATENSI yang disalurkan berupa paket perlengkapan sekolah (kaos, sepatu, tas, buku, spidol, kertas origami) dan kebersihan diri (pasta gigi, sikat gigi, shampoo, handuk, gayung) sebanyak 175 pc, paket nutrisi (susu, madu, vitamin C, kacang hijau, biskuit) 210 pc, 

Kemudian paket perlengkapan bayi (popok diapers, handuk, shampoo, minyak telon) sebanyak 17 pc serta paket permainan edukatif dan sajadah sebanyak 18 pc.

Selain itu dilaksanakan bedah kamar untuk 2 orang anak senilai Rp 10 juta yang dilengkapi dengan perlengkapan rumah seperti kasur, bantal, guling, meja belajar, lampu belajar, bola lampu, karpet, piring, sendok, dispenser, tas sekolah, kipas angin, gorden, cermin, sandal, lemari pakaian, rak piring, sepeda untuk sekolah, serta perlengkapan sholat dan alqur’an.

Kepala Sentra Dharma Guna Bengkulu, Syam Wuryani mengatakan, kegiatan penyaluran bantuan ATENSI ini merupakan rangkaian HAN 2022 yang puncaknya akan digelar di halaman Kantor Bupati Lombok Timur pada 1 Agustus 2022.

Sebelum perayaan puncak digelar sejumlah kegiatan pemberian bantuan ATENSI di sejumlah kecamatan di Lombok Timur sudah dilaksanakan.

Bantuan yang diberikan berupa pelayanan kesehatan seperti pemeriksaan mata, pemberian alat bantu dengar, kebutuhan nutrisi anak dan bayi, perlengkapan sekolah dan bedah kamar untuk 2 anak atas nama Azmi dan Rachel. Juga pengurusan administrasi KK kepada sejumlah anak sebagai penerima bantuan sosial.

"Negara melalui Kementerian Sosial hadir memberikan perlindungan secara penuh untuk meningkatkan layanan yang berkualitas bagi anak-anak. Kebutuhan akan kasih sayang, perlindungan serta dukungan dari lingkungan sosial anak. Harapan saya, ini dilakukan tidak pada HAN saja tapi setiap hari," pungkasnya.

Camat Suralaga, Nur Holil mengapresiasi rangkaian kegiatan HAN Tahun 2022 yang dilakukan Kementerian Sosial RI khususnya yang dilakukan di wilayahnya.

"Kami berbahagia karena anak-anak kami juga berbahagia. Kegiatan ini di objek wisata Embulan Boroq agar anak-anak dapat menikmati udara segar. Terima kasih Kementerian Sosial RI yang telah melibatkan Kecamatan Suralaga dalam kegiatan HAN Tahun 2022 dan membantu masyarakat kami khususnya anak-anak kami yang membutuhkan," tegasnya.

Ia juga menyatakan komitmennya untuk mewujudkan daerah yang ramah anak salah satunya dengan menerbitkan Perdes terkait pelarangan pernikahan anak.

"Perdes ini sudah diberlakukan di 15 desa sejak September 2021. Pernikahan dini ini dapat mengganggu generasi berikutnya karena anak-anak yang dilahirkan dari pernikahan dini biasanya lemah, sakit-sakitan dan mengalami stunting," tuturnya.

Kegiatan penyaluran bantuan Atensi dalam rangka HAN 2022 ini dimeriahkan oleh penampilan tari tradisional dari TK Sulamul Muhtadi

Selain itu juga disediakan tempat untuk bermain anak dengan beragam permainan seperti Ular Tangga, Engklek, Congklak dan Hulahop.

Anak-anak yang didampingi orangtuanya juga riang gembira karena dapat berenang di kolam pemandian Embulan Boroq.

Lilian (10) salah satu anak dari Kecamatan Suralaga,mengaku senang dan gembira lantaran mendapat bantuan berupa tas dan sepatu.

Ia berjanji akan rajin belajar agar cita-citanya menjadi dokter dapat tercapai.

"Terimakasih Pak Presiden Jokowi, terimakasih ibu Menteri Sosial. Lilian akan rajin belajar dan menjadi dokter," pungkasnya. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama