11 rumah dan mushola di Kecamatan Alas hangus dilalap api - OPSINTB.com | News References -->

28/07/22

11 rumah dan mushola di Kecamatan Alas hangus dilalap api

11 rumah dan mushola di Kecamatan Alas hangus dilalap api

 
11 rumah dan mushola di Kecamatan Alas hangus dilalap api

OPSINTB.com - 11 rumah warga Desa Juran Alas, Kecamatan Alas, Sumbawa hangus dilalap api pada Kamis (28/7/2922) sore, sekitar pukul 17.20 Wita. Dalam kejadian ini, enam rumah rata dengan tanah, lima rumah lainnya rusak ringan. 

Kapolsek Alas, AKP Djoko Rahmat Santoso Gatot mengatakan, kebakaran ini terjadi tepatnya di RT 01, RW 03, Dusun Otak Desa. 

Djoko mengungkapkan, kebakaran ini berawal dari dugaan terjadinya korsleting arus listrik. Hal ini terjadi di rumah Yani yang kemudian merembet ke rumah lainnya. Saat kejadian, pemilik rumah sedang tidak berada di rumah. 

"Selain mengakibatkan enam rumah hangus dan rata dengan tanah, serta lima unit rumah rusak ringan, sebuah mushalla juga ikut terdampak," kata Djoko.

Melihat kejadian tersebut, seluruh masyarakat yang ada di sekitar TKP melakukan pemadaman menggunakan alat seadanya. Tetapi api belum bisa dipadamkan. Pukul 17.45 wita, tiga unit pemadam kebakaran tiba di TKP. Kemudian membantu masyarakat untuk memadamkan api tersebut. 
Pemadaman api dilakukan oleh petugas pemadam, dibantu personel Polsek Alas dan Koramil Alas, serta masyarakat setempat. Api baru bisa dikuasai sekitar pukul 18.30 Wita. Api cepat membesar karena rumah milik warga tersebut merupakan  rumah panggung. 

Selain itu, saat kejadian, angin berhembus cukup kencang, sehingga menyebabkan api cepat menyebar. Serta sempitnya jalan menuju TKP membuat Damkar kesulitan untuk memadamkan Api.

"Hingga saat ini warga sekitar masih membantu untuk membersihkan puing-puing sisa kebakaran dan mengamankan barang-barang yang bisa diselamatkan. Anggota juga melakukan pengamanan di sekitar lokasi, untuk mencegah terjadinya tindakan kriminal," kata Djoko.

Diperkirakan, kerugian materiel dalam peristiwa itu mencapai Rp 500 juta. Meski demikian, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama