Stok vaksin di Lotim masih aman dan tidak kadaluarsa - OPSINTB.com | News References -->

Senin, 27 Juni 2022

Stok vaksin di Lotim masih aman dan tidak kadaluarsa

Stok vaksin di Lotim masih aman dan tidak kadaluarsa

 
Stok vaksin di Lotim masih aman dan tidak kadaluarsa

OPSINTB.com - Kasus covid 19 di sejumlah daerah kembali menyeruak. Lantaran itu peroses vaksinasi kembali digencarkan guna memutus rantai penyebaran virus mematikan tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur, Pathurrahman mengatakan, proses vaksinasi di Gumi Patuh Karya masih jalan terus. Namun demikian dirinya mengaku untuk dosis boster masih rendah.

"Masih rendah baru 34,09 persen untuk vaksin boster," ucap Pathurrahman, kepada awak media, Senin (27/06/2022).

Tak seperti dosis pertama yang telah mencapai 98 dan kedua hingga 88 persen. Sedangkan vaksin jenis boster belum mencapai 40 persen. 

Ia menjelaskan, vaksin jenis boster ini sangat penting bagi individu sebagai penguat. Terlebih munculnya varian baru omicron. Kendati sebenarnya, ucap dia, sifat virus tersebut semakin banyak varian akan melemah. Dia menjelaskan, sampai saat ini belum ada laporan kasus virus mematikan tersebut.

"Kami masih konsentrasi di program bulan imunisasi nasional," ujarnya.

Meski demikian, pihaknya berencana melakukan vaksinasi lagi kendati sebenarnya bagi yang ingin vaksin tetap bisa dilayani.

Menurutnya di Lotim tak ada vaksin yang kadaluarsa. Sebab pihaknya mengaku sangat memperhatikan hal tersebut.

"Kami sangat memperhatikan tanggal kadaluarsa, sehari sebelum kadaluarsa kami sudah kembalikan ke pihak terkait," ujarnya.

Namun demikian, masa expired vaksin dapat diperpanjang dengan surat keputusan Kementrian Kesehatan, dan bisa digunakan kembali. Ia juga menerangkan, vaksin yang kadaluarsa itu dapat diberikan dengan catatan sehari belum jatuh tempo.

Tapi ia mengaku tak mau gegabah prihal itu, oleh karenanya sehari sebelum expirednya pasti vaksin tersebut dikembalikan.

"Stok vaksin di Lotim tetap tersedia dan dinas memastikan tidak ada yang kadaluarsa," ujarnya. (hk)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama