Menanti berkah Alquran melalui MTQ ke XXIX di Gumi Patuh Karya - OPSINTB.com | News References -->

Rabu, 29 Juni 2022

Menanti berkah Alquran melalui MTQ ke XXIX di Gumi Patuh Karya

Menanti berkah Alquran melalui MTQ ke XXIX di Gumi Patuh Karya

 
Menanti berkah Alquran melalui MTQ ke XXIX di Gumi Patuh Karya

OPSINTB.com - Sebanyak 850 hingga 900 kontigen dan official yang akan mengikuti Perhelatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XXIX tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat di Lombok Timur akan datang  hari ini, Rabu 29 Juni 2022. Acara ini akan digelar mulai dari 29 Juni hingga 6 Juli mendatang yang terpusat di Lapangan Gotong Royong Masbagik.

"Kemungkinan pukul 10 atau 12 akan berdatangan para kafilah langsung kegiatan pertamanya pendaftaran ulang di Pendopo Bupati Lotim," kata Ketua Panitia MTQ ke XXIX, HM Juaini Taofik, kepada awak media kemarin, Selasa (28/06/2022).

Ia menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan 30 meja yang sesuai dengan cabang dan golongan yang akan dilombakan. Selanjutnya pada malam harinya Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy, sebagai tuan rumah akan menggelar malam ta’aruf dengan para kafilah sambil ramah tamah.

Acara pertama, ucap Ofik, akan digelar pada hari berikutnya yakni Kamis (30/6/2022), berupa pawai ta’aruf. Yang akan star mulai pukul 12.00 wita dari Terminal Pancor, finish Lapangan Tugu. Acara ini akan diikuti oleh kontingen dan satuan pendidikan mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA dengan jumlah peserta yakni 2.200 orang.

Malamnya harinya kontingen akan mengikuti opening ceremony dipanggung utama berukuran 15 kali 50 meter di Lapangan Gotong Royong Masbagik, Kecamatan Masbagik, Lotim. Panggung seluas cenderung megah itu disebutnya menjadi motivasi. "Harganya Rp 420 juta, ukuran 15 kali 50 lengkap dengan video trone, lighting, dan berbagai kebutuhan lainnya, panggung sebesar itu sebagai penghormatan agar kafilah serius, bersungguh-sungguh, dan termotivasi," ucapnya.

Penyediaan panggung seluas itu disebutnya, agar peserta tak kapok dengan panggung yang mewah. Sebab kejuaraan ini bagi pemenang tingkat provinsi ini nantinya mengikuti MTQ tingkat nasional di Kalimantan Selatan.

Setidaknya ada delapan cabang yang akan dilombakan yakni tilawah, tahfiz, qiro’at, fahmil quran, syahril quran, khottil quran, karya tulis ilmiah.

Acara tersebut, ucap pria yang kini menjabat Sekda Lotim ini, akan diback up oleh panitia pendamping lokal yang diketuai oleh Ta’mir Masjid Jami’ Masbagik, lantaran wilayah itu menjadi pusat kegiatan. Di lokasi itu nantinya akan dilengkapi dengan posko keamanan, kesehatan, media center, dan beberapa hal yang mendukung kesuksesan acara tersebut.

Titik utama kegiatan itu ialah Lapangan Masbagik, juga dibeberapa lokasi yang telah disediakan. Seperti di Masjid Dasan Lekong, Masjid Jami Masbagik, Gedung Wanita, hingga BLKI di lenek. Kegiatan itu juga dipadu padankan dengan pameran yang akan diikuti oleh 11 peserta.

"Lapak-lapak yang di Masbagik juga akan dilombakan dan mendapat hadiah dari panitia lokal, karena itu kami mendorong agar lapak-lapak sebanyak mungkin karena manfaat lain MTQ yakni kebangkitan ekonomi masyarakat," ucapnya.

Terkait anggaran kegiatan tersebut, Ofik menyebutkan jika sistem anggaran dari Pemda dan Pemprov berbentuk sharing. Meski demikian dirinya mengaku tak mengetahui pasti berapa besarannya. Ia merincikan dari Kesra Lotim berkisar Rp 1,3 miliar dan Pemprov Rp 1 miliar yang berasal dari CSR yang diarahkan oleh Gubernur NTB.

Ia menjelaskan urusan pembukaan, penginapan dan konsumsi dewan hakam di serahkan ke Pemkab Lotim. Sedangkan Pemprov menangani hadiah untuk juara 1,2, dan 3. Namun demikian ada tambahan anggaran untuk pemenang dari Bupati Lotim, untuk menambah motivasi kepada kafilah.

"Mudah-mudahan dengan sebab pemberian tambahan ini, pertama kita tidak meninggalkan hutang jga bisa menambah juara empat, ini menjadi pembeda dengan MTQ di  tempat lainnya," ucapnya. (hk)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama