Harga gabah anjlok, Kasta NTB protes ke DPRD Provinsi - OPSINTB.com | News References -->

Rabu, 15 Juni 2022

Harga gabah anjlok, Kasta NTB protes ke DPRD Provinsi

Harga gabah anjlok, Kasta NTB protes ke DPRD Provinsi

 
Harga gabah anjlok, Kasta NTB protes ke DPRD Provinsi

OPSINTB.com - Murahnya harga beli gabah petani oleh dua perusahaan mitra Bulog NTB membuat LSM Kasta NTB gerah. Salah satu LSM terbesar di NTB ini akhirnya menggelar aksi hearing di Kantor DPRD Provinsi NTB pada Selasa (14/6/2022) kemarin. 

Dalam aksi hearing tersebut, Ketua Umum DPP Kasta NTB Abdul Hamid mempertanyakan mekanisme pembelian gabah para petani melalui dua mitra Bulog NTB yang jauh di bawah harga yang sudah ditentukan oleh Bulog. Contohnya gabah kering yang sudah disepakati dibeli dengan harga Rp 4.300/kg justru dibeli dengan harga jauh di bawahnya yakni Rp 3.000-3.500/kg.

"Kami minta kepada Perum Bulog agar memberikan sanksi kepada perusahaan mitra mereka yang terbukti melakukan pembelian gabah petani jauh di bawah standar harga," kata Abdul Hamid. 

Selain itu, dia meminta Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB untuk ikut melakukan pengawasan dalam pembelian gabah petani. Sekaligus meminta DPRD melakukan investigasi dan mengawal proses masuknya beras petani ke Bulog NTB.

"Kami menduga ada permainan dan kongkalikong antara oknum perusahaan mitra Bulog untuk menganakemaskan satu atau dua perusahaan mitra mereka," jelas Hamid. 

Abdul Muis, Wakil Kepala Bulog NTB membantah tuduhan LSM Kasta NTB yang menyebut menganakemaskan satu atau dua perusahaan mitra saja. Menurutnya Bulog sudah memberikan kesempatan yang sama kepada semua mitranya.

"Semua kami berikan kesempatan yang sama untuk memasukkan beras sesuai kontrak yang sudah disepakati," Muis menegaskan. 

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB Abdul Gani medukung kegiatan yang dilakukan LSM Kasta NTB. Hearing itu, menurut dia, akan memperjelas penyebab anjloknya harga gabah. 

Dia mengatakan akan membentuk Posko Pengaduan Bersama untuk mengakomodir setiap laporan yang masuk perihal tidak beresnya pembelian gabah petani.

"Faktanya memang seperti apa yang disampaikan oleh LSM Kasta," terangnya. 

Salah satu perusahaan mitra Bulog, CV Surakarta melalui juru bicaranya menegaskan tidak ada praktek monopoli dalam pembelian gabah para petani. Disebutkan, jika pun ada beras mitra lain yang dibeli karena ditolak Bulog, beras tersebut tidak langsung diantar, tetapi terlebih dahulu dilakukan perbaikan kualitas menggunakan mesin milik sendiri.

"Apa yang kami lakukan untuk membeli beras mitra lain adalah murni bisnis. Kalaupun ada beras yang kami beli dari mitra lain, kami tidak langsung antar, tapi kami lakukan perbaikan dulu," aku CV Surakarta. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama