Disdik Loteng upayakan SMPN 5 Pratim tidak ditutup - OPSINTB.com | News References -->

Kamis, 02 Juni 2022

Disdik Loteng upayakan SMPN 5 Pratim tidak ditutup

Disdik Loteng upayakan SMPN 5 Pratim tidak ditutup

 
Disdik Loteng upayakan SMPN 5 Pratim tidak ditutup

OPSINTB.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) akan tetap berupaya mempertahankan keberadaan SMPN 5 Praya Timur di tengah minimnya peminat. 

Kepala Disdik Loteng, Lalu Idham Khalid berharap, sekolah yang terletak di Desa Beleka, Kecamatan Praya Timur itu tetap memperoleh siswa pada ajaran baru tahun ini.

Untuk itu, dia meminta Kepala Sekolah SMPN 5 Praya Timur untuk lebih rajin berkeliling ke sekolah dasar (SD) dan setingkatnya untuk melakukan promosi sekolah. Selain itu, memberikan pembekalan kepada para guru di sekolah tersebut bagaimana cara menarik minat masyarakat khususnya para calon siswa.

"Kami tetap berharap sekolah itu mendapatkan siswa. Saya sudah bertemu dengan kepala sekolah, guru, steakholder, dan masyarakat di sana bagaimana supaya sekolah itu bisa mendapatkan siswa," kata Idham Khalid saat dikonfirmasi opsintb.com, Kamis (2/6/2022).

Dia berharap kejadian yang menimpa SMPN 7 Praya tak terulang lagi. Setidaknya, kata dia, SMPN 5 Praya Timur tahun ini bisa mendapatkan minimal satu rombongan belajar. 

Dari segi lokasi, terangnya, SMPN 5 Praya Timur sangat strategis. Lokasinya berada di pinggir jalan yang menghubungkan antara Desa Beleka dan Desa Lekor.

"Jadi lokasinya sangat strategis. Hanya butuh inovasi dari kepala sekolahnya," terangnya.

Tak beda jauh dengan SMPN 5 Praya Timur, SMPN 4 dan 6 Praya juga minim peminat. Masyarakat lebih memilih menyekolahkan anaknya ke sekolah ternama seperti SMPN 1 dan 2 Praya. 

Dalam waktu dekat, Disdik akan segera memanggil kedua kepala sekolah favorit itu untuk tidak terlalu memaksakan menerima siswa atau rombongan belajar yang melebihi kapasitas. Sistem zonasi juga akan kembali diterapkan untuk memberikan pemerataan siswa bagi sekolah lain.

"Akan kembali kami terapkan, setidaknya di Kecamatan Praya dulu," tandasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama