Desa Taman Ayu Lobar launching kampung inklusi - OPSINTB.com | News References -->

Kamis, 30 Juni 2022

Desa Taman Ayu Lobar launching kampung inklusi

Desa Taman Ayu Lobar launching kampung inklusi

 
Desa Taman Ayu Lobar launching kampung inklusi

OPSINTB.com - Desa Taman Ayu, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat (Lobar) launching Kampung Inklusi, Kamis (30/6/2022). Hajatannya sebagai wadah bagi penyandang disabilitas untuk mengaktualisasikan diri.

Kepala Desa Taman Ayu, Muhammad Tajudin mengatakan, selama ini derita mereka tidak pernah mengemuka dan menjadi arus utama dalam wacana-wacana pembangunan Nasional. Baru dalam 5 sampai 10 tahun belakangan ini item pembangunan selalu menampilkan kepedulian dan akses bagi penyandang disabilitas. 

"Ini adalah ikhtiar kita bersama, mengingat data disabilitas di desa kami melalui temuan dan kajian Lakpesdam PWNU NTB jumlah penyandang disabilitas lumayan banyak. Secara agama mereka memiliki hak untuk beribadah, dan kita-kita lah yang menyediakan akses bagi mereka," katanya.

"Semoga dengan adanya Forum Disabilitas Desa Taman Ayu akan menjadi percontohan bagi desa-desa yang ada di Nusa Tenggara Barat. Desa taman ayu melalui program ketahanan pangan bagi penyandang disabilitas dengan menyediakan lahan dan mengelola anggur dengan beragam varian," harapnya.

Untuk diketahui, launching Kampung Inklusi Desa di Desa Taman Ayu dihadiri oleh Anggota DPR RI Komisi Delapan Nanang Samudra. Gubernur NTB yang diwakili oleh Kepala Dinas PMD dan Dukcapil, Rektor UNIZAR, Kepala Dinas PMD Kabupaten Lombok Barat, Camat Gerung, Ketua Lakpesdam PWNU NTB dan Kepala Sekolah SMP 3 Gerung, KANWIL NTB, PCNU Kabupaten Lombok Barat, PLN, DPRD Kabupaten Lombok Barat Lalu Hermayadi, 69 penyandang disabilitas, lansia dan masyarakat desa taman ayu. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama