Pemdes Lantan mulai berbenah hadapi serbuan penonton motocross - OPSINTB.com | News References -->

Selasa, 10 Mei 2022

Pemdes Lantan mulai berbenah hadapi serbuan penonton motocross

Pemdes Lantan mulai berbenah hadapi serbuan penonton motocross

 
Pemdes Lantan mulai berbenah hadapi serbuan penonton motocross

OPSINTB.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Lantan, Kecamatan Batu Kliang Utara, Lombok Tengah mulai berbenah menghadapi serbuan para penonton dan kroser yang akan berdatangan menyaksikan dan menjajal Lantan 459 Internasional Motocross Sirkuit.

Kepala Desa Lantan, Erwandi, mengatakan banyak hal yang harus dibenahi dan menjadi catatan khusus pihaknya guna memberikan kepuasan dan kenyamanan bagi para penonton dan pebalap.

Satu di antaranya, kata dia, adalah perihal pengadaan penginapan yang menjadi penunjang kelancaran kegiatan para penonton dan lebih khususnya para kroser. Diketahui, saat ini Lombok Tengah masih kekurangan tempat penginapan atau homestay.

"Dari penginapannya kami sudah mulai berbenah. Masyarakat sudah mulai kami arahkan untuk melengkapi rumah-rumah mereka," kata Erwandi pada opsintb.com melalui sambungan telepon, Selasa (10/5/2022).

Selain itu, kata dia, Desa Lantan sebagai salah satu penghasil biji kopi di Lombok Tengah akan menggandeng para barista kopi untuk memberikan pelatihan kepada pemuda lokal cara mengolah dan meracik kopi, sehingga nantinya kopi menjadi suatu daya tarik atau simbol bagi Desa Lantan yang bisa ditawarkan kepada para pengunjung atau penonton.

"Dari desa juga kami sudah mulai mendorong para pemuda untuk mengikuti pelatihan barista kopi. Ini sudah mulai kami pikirkan," imbuhnya.

Yang lebih penting, lanjut Erwandi, ke depan pihaknya akan membangun rumah makan yang dikelola secara langsung oleh BUMDes. Harapannya, dari hasil pengelolaan BUMDes akan menambah pendapatan asli desa untuk kemajuan dan kemakmuran masyarakat desa.

"Tentunya ajang balap ini bukan sekali saja. Pasti akan berkelanjutan. Ke depan kami akan bangun rumah makan yang dikelola sendiri oleh BUMDes. Hasilnya nanti untuk kemajuan pembangunan desa," terangnya.

Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Lombok Tengah, Dedet Zeltahuzallam, mengatakan akan terus memantau potensi-potensi yang ada di Desa Lantan. Sehingga ke depan, kata dia, BLK bisa memberikan pelatihan khusus mengenai potensi yang ada di Desa Lantan kepada warga.

Untuk barista kopi, jelasnya, BLK memang sudah membuka program latihan. Bahkan, pelatihan sudah dilakukan jauh sebelum perencanaan pembangunan Lantan 459 Internasional Motocross Sirkuit.

"Kami akan terus pantau potensi-potensi yang ada. Bahkan bukan tidak mungkin nanti akan ada bengkel khusus motocross nanti di sini (Lantan) karena kami juga ada program latihan mekanik," jelasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama