Nostalgia Bupati Lotim di hadapan ratusan peserta Latsitarda - OPSINTB.com | News References -->

14/05/22

Nostalgia Bupati Lotim di hadapan ratusan peserta Latsitarda

Nostalgia Bupati Lotim di hadapan ratusan peserta Latsitarda

 
Nostalgia Bupati Lotim di hadapan ratusan peserta Latsitarda

OPSINTB.com - Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Sukiman Azmy menerima 265 peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke XLII/2022 di Balai Latihan Kerja (BLK) Lombok Timur, Sabtu (14/5/2022).

Dalam sambutannya, bupati mengaku Latsitarda ini merupakan nostalgia baginya karena pernah mengalami hal serupa seperti para peserta. Ia juga menceritakan perjalanan karirnya, bertugas 28 tahun di TNI, menjadi ASN hingga menjadi Bupati Lotim sampai saat ini.

Bupati berpesan kepada para peserta supaya berbaur bersama masyarakat dan menjadi penduduk di Lotim meski hanya sementara. "Cintailah masyarakat di Lotim sebagaimana mencintai bangsa atau rakyat masyarakat kita yang lain," ujarnya.

Sekda Lotim, HM Juaini Taofik yang juga hadir pada acara tersebut mengimbau agar peserta menghargai local wisdom (kearifan lokal) yang berlaku di daerah Lotim. Ia mencontohkan pengguna sapaan dengan menghindari penggunaan kata 'kamu' kepada masyarakat setempat. "Gunakan kata 'plungguh', sebab itu merupakan sebutan tertinggi jika berkomunikasi dengan lawan bicara," katanya.

Sekda juga menyebutkan beberapa kearifan lokal lainnya yang ada di empat kecamatan yang menjadi lokasi kegiatan Latsitarda, salah satunya kecamatan Sambelia. Ia menyebut bahwa di Sambelia seringkali diadakan kegiatan bersih-bersih tempat ibadah, itu artinya menunjukkan simbol kerukunan umat beragama. "Karena di Lotim ini toleransi umat beragamanya sangat bagus," ujarnya.

Pada kesempatan itu Dandim 1615 Lotim Letkol Inf Amin M Said dan Kapolres Lotim AKBP Herman Suriyono berkesempatan menyampaikan situasi dan kondisi Lombok Timur kepada para taruna. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama