Kejuaraan provinsi catur NTB ke-21 resmi dibuka - OPSINTB.com | News References -->

Kamis, 26 Mei 2022

Kejuaraan provinsi catur NTB ke-21 resmi dibuka

Kejuaraan provinsi catur NTB ke-21 resmi dibuka

 
Kejuaraan provinsi catur NTB ke-21 resmi dibuka

OPSINTB.com - Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) catur tingkat Provinsi NTB untuk yang ke-21 secara resmi dibuka, pada Kamis (26/5/2022) di Aula Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Selong, Kabupaten Lombok Timur. 

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Umum Percasi NTB HM Syamsul Luthfi, Ketua KONI NTB, KONI Kabupaten Lombok Timur, Kepala Dispora Kabupaten Lombok Timur, Kepala Dispora Provinsi NTB yang sekaligus mewakili membuka acara. 

Dalam sambutannya, HM Syamsul Lutfi menegaskan bahwa pihaknya akan berupaya keras untuk melakukan pembinaan yang berjenjang bagi para atlet catur, baik di tingkat sekolah maupun di kelas-kelas junior untuk mempersiapkan bibit unggul di masa yang akan datang. 

"Kita akan berupaya untuk memasarkan olahraga catur, terutama di sekolah-sekolah. Tidak hanya di Kabupaten Lombok Timur, melainkan di seluruh NTB," ujarnya.

Dengan cara itu, ia berharap bisa meningkatkan minat dan semangat para generasi muda untuk gemar dengan olahraga catur. Pasalnya, kata Anggota DPR-RI Dapil NTB ini, olahraga catur cukup banyak mendulang emas dalam setiap penyelenggaraan PON. 

Menurut dia, kalau pengurus KONI NTB serius untuk memikirkan target pencapaian maksimal di masa yang akan datang, maka cabang olahraga (cabor) catur bisa diprioritaskan untuk kembali merebut banyak penghargaan.

Karena biasanya, kata dia, daerah yang masuk lima besar dalam  PON saat ini adalah daerah-daerah yang banyak memperhatikan cabor yang banyak meraih medali emas, seperti cabor atletik, menembak. Termasuk juga catur. 

"Hal ini mungkin harus menjadi pemikiran kita semua, terutama para pengurus KONI dan pengurus cabor-cabor di Provinsi NTB untuk memikirkan desain besar olahraga daerah," tegasnya.

Kaitannya dengan itu, Syamsul Luthfi mendorong supaya desain besar olahraga nasional yang sudah dibuat oleh pemerintah harus dijadikan pemicu dalam membuat desain olahraga daerah. 

Apalagi, tandasnya, pada bulan Februari lalu Undang-Undang Keolahragaan sudah disahkan oleh legislatif di mana di sana, kata dia, banyak hal baru yang menjadi perhatian pemerintah termasuk mengenai masa depan atlet itu sendiri dan juga bagaimana bentuk pembinaan olahraga yang harus dilakukan. 

"Ke depan kita ingin desain olahraga daerah di NTB ini harus disesuaikan dengan kebutuhan desain besar olahraga nasional. Terlebih bahwa tahun 2045 nanti Indonesia ingin masuk dalam 10 besar di Olimpiade. Oleh karena harus dipikirkan mulai dari sekarang," tutupnya.

Kejurprov yabg akan diselenggarakan mulai tanggal 26 hingga 31 Mei 2022 ini diikuti oleh 93 atlet dari semua kabupaten kota se NTB. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama