Wagub NTB sebutkan kunci pencegahan penyakit menular - OPSINTB.com | News References -->

Kamis, 21 April 2022

Wagub NTB sebutkan kunci pencegahan penyakit menular

Wagub NTB sebutkan kunci pencegahan penyakit menular

 
Umi Rohmi sebutkan kunci pencegahan penyakit menular

OPSINTB.com - Kunci mencegah penyakit menular, yakni dengan menyetop potensi penularannya kemudian mengobatinya. Selain itu jangan merasa malu, merasa minder dan jangan takut bila ketahuan. Justru itu agar akan mempermudah diketahui. Sehingga mempercepat penanganannya.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalilah pada Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) 2022 bertajuk "Invest to End TB, Save Lives Invest" dirangkaikan dengan Pelatihan Jurnalisme Warga bertempat di kantor InSPIRASI NTB, Labuapi Lombok Barat, Kamis (20/4/2022).

"InSPIRASI NTB bersama seluruh kader sebagai garda terdepan agar masalah TB bisa dimengerti, dipahami dan disikapi positif oleh masyarakat," kata Umi Rohmi sapaan akrab Wagub.

Apa yang dilakukan hari ini memberikan dampak yang signifikan bagi pembangunan kesehatan di NTB. Berbicara TB tidak main-main karena ini ibarat sebagai bom waktu kalau tidak diseriusi.

"Mudah-mudahan apa yang dilakukan InSPIRASI dan semua kader sangatlah bermanfaat untuk masyarakat bukan hanya sebatas materi dan penghargaan didapatkan melainkan kita niatkan sebagai jalan ibadah," pesan Umi Rohmi.

Sementara itu, direktur InSPIRASI NTB Nurjanah menyampaikan Hari Tuberculosis Sedunia menjadi momentum InSPIRASI NTB untuk menunjukkan komitmennya dalam mendukung eliminasi TBC di Provinsi Nusa Tenggara Barat oleh Komunitas. 

Dalam merayakan hari TB tahun 2022 ini SSR InSPIRASI NTB memberikan penghargaan kepada kader TB selaku sebagai aset yang paling berharga dalam upaya eliminasi TB di masyarakat.

Selain itu, Nurjanah menyebutkan dalam meningkatkan kapasitas kader memberikan pelatihan jurnalisme warga agar kader bisa menceritakan perubahan dan praktik baik melalui tulisan sederhana yang didapatkan selama menjadi kader TB InSPIRASI NTB.

"Hal ini sebagai investasi penyelamatan NTB dari TB dengan memberikan apresiasi dan dukungan yang berkelanjutan pada kader yang selalu aktif, berkomitmen, dan berdedikasi tinggi melakukan promosi, edukasi dan pendampingan pasien TBC dalam situasi dan kondisi apapun," Jelas Nurjanah.

Untuk diketahui, kegiatan ini atas dukungan Global Fund melalui Konsorsium Penabulu-STPI sebagai PR, dan PKBI NTB sebagai SR. InSPIRASI NTB selaku sebagai SSR sejak 2021 melakukan intervensi di wilayah kerja 20 puskesmas di Kabupaten Lombok Barat oleh 42 kader, dan 11 puskesmas di Kota Mataram oleh 30 kader. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama