Kerjasama NTB Care dan Kitabisa talangi hutang pasien tidak mampu di RS? - OPSINTB.com | News References -->

26/04/22

Kerjasama NTB Care dan Kitabisa talangi hutang pasien tidak mampu di RS?

Kerjasama NTB Care dan Kitabisa talangi hutang pasien tidak mampu di RS?

 
Kerjasama NTB Care dan Kitabisa talangi hutang pasien tidak mampu di RS?

OPSINTB.com - NTB Care sebagai program unggulan Pemprov NTB terus berupaya mengoptimalkan potensi untuk menolong lebih banyak lagi masyarakat yang membutuhkan. Dengan meneruskan informasi atau aduan masyarakat kepada pejabat atau instansi terkait, NTB Care tengah menjajaki kerjasama dengan Kitabisa di bidang Kesehatan dan Sosial.

Kitabisa adalah plaform galang dana dan donasi online terbesar di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tercatat ribuan orang sudah menggalang dana untuk bantuan biaya pengobatan melalui Kitabisa.

"Kami berharap upaya fund rising bersama Kitabisa dan bekerjasama dengan NTB Care, warga yang tidak mampu bisa lebih banyak terbantu," ujar H Abdul Azis, selaku Ketua Tim NTB Care saat menggelar rapat bersama pihak Kitabisa secara daring, beberapa waktu lalu.

Dalam rapat tersebut, Abdul Azis yang juga merupakan Staf Ahli Gubernur bidang Pemerintahan, Aparatur, Hukum, Politik dan Pelayanan Publik memaparkan beberapa kendala NTB Care dalam membantu masyarakat. Di antaranya, belum tersedianya anggaran untuk membantu biaya penyeberangan rujukan pasien tidak mampu antar pulau di NTB, biaya pendampingan keluarga pasien, hingga hutang pasien tidak mampu di RS. "Sehingga permasalahan tersebut diharapkan dapat tertangani dengan kerjasama bersama Kitabisa," tutup Mantan Sekda Kabupaten Sumbawa Barat tersebut. 

Sementara itu, Gita, perwakilan dari Kitabisa mengharapkan NTB Care dapat menjadi penghubung antara Kitabisa dan Rumah Sakit dan dapat mendampingi penyaluran dana yang akan diberikan. Hal tersebut dikarenakan NTB Care adalah program unggulan Pemprov NTB yang terpercaya dan paling tahu kondisi lapangan di daerah tersebut.

"NTB Care dapat menjadi penghubung antara Kitabisa dan Rumah Sakit sebagai induk besar penerima bantuan. Selain itu NTB Care dapat menjadi pendamping selama penyaluran dana yang diberikan," tutur Gita.

Gita juga menjelaskan, Kerjasama Kitabisa dengan Rumah Sakit akan memberikan banyak nilai plus di antaranya, Penyaluran Donasi Transparant. Donasi yang terkumpul untuk membantu pasien disalurkan melalui rekening rumah sakit sehingga lebih transparant. Selain itu dapat memberikan bantuan biaya pengobatan. Kitabisa akan membantu membuatkan campaign pasien-pasien yang direkomendasikan oleh RS.

"Kitabisa juga akan membantu optimalisasi halaman galang dana pasien di sosial media untuk mengajak banyak orang berdonasi," tutur Gita.

Selama tahun 2022 periode Januari-Maret, NTB Care sendiri telah menerima 353 aduan di berbagai bidang dimana 187 di antaranya sedang dalam proses dan 127 lainnya telah berhasil diselesaikan. Aduan yang terbanyak datang di bidang Kesehatan dan Dinas Sosial. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama