Wagub lakukan penghijauan di By Pass BIL untuk NTB asri dan lestari - OPSINTB.com | News References -->

16/03/22

Wagub lakukan penghijauan di By Pass BIL untuk NTB asri dan lestari

Wagub lakukan penghijauan di By Pass BIL untuk NTB asri dan lestari

 
Wagub lakukan penghijauan di By Pass BIL untuk NTB asri dan lestari

OPSINTB.com - Gerakan menanam pohon merupakan salah satu kunci untuk mewujudkan NTB yang Asri dan Lestari. Untuk itu Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah terus melakukan penghijauan di beberapa tempat di wilayah Bumi Gora. Salah satunnya melakukan penghijauan dengan menanam pohon Kenari di  depan Kantor Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) NTB Jalan By Pass BIL di Lelede, Banyumulek Lombok Barat.

"Pohon ini dapat menahan banjir dan menghasilkan oksigen, semoga terus tumbuh dengan baik kedepan," kata Ummi Rohmi sapaan Wagub NTB ini, Rabu (16/3/2022).

Bersama sejumlah Kepala OPD, penanaman pohon yang diinisiasi oleh Perhimpunan Indonesia Tionghoa  (INTI) NTB. Jaringan Media Siber Indonesia ( JMSI) NTB bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB, diapresiasi oleh Ummi Rohmi. Apresiasi ini layak diberikan karena Perhimpunan INTI NTB telah melakukan penghijauan di tempat-tempat yang strategis.

"Ini yang kita perlukan, ikut membantu pemerintah. Jadi sinergi juga harus ada perencanaan lokasi dan tempat untuk melakukan penanaman. Mudah-mudahan apa yang dilakukan hari ini dapat dikuti oleh yang lain, untuk menjadi mitra pemerintah, untuk menghijaukan NTB," harap alumni ITS Surabaya ini.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi NTB, Ir. Madani Mukarom menambahkan, bahwa penghijauan ini merupakan bagian dari ikhtiar menghijaukan NTB. Salahsatu yang dilakukan dengan menanaman pohon sepanjang jalan negara dan provinsi dari Ampenan hingga Sape (Bima).

"Sudah ada sekitar 10.000 pohon yang telah ditanam sepanjang jalur tersebut. Bahkan masing-masing KPH di tiap Kabupaten/Kota menanam 2.000-2.500 pohon," jelas Kadis DLHK.

Disampaikannya, jenis-jenis pohonnya beragam. Seperti pohon Trembesi, Kenari, Mahoni, Ketapang Kencana dan Tabe Buya.

Sementara itu, Ketua harian Perhimpunan INTI NTB S Widjanarko menyampaikan apresiasi atas kesempatan Wagub NTB untuk ikut bersama melakukan peghijauan. "Kami sudah melakukan penghijauan serupa di KLU, Lotim dan Loteng. Pohon Kenari yang ditanam Ummi Rohmi sudah setinggi 1 meter. Semoga akan menghasilkan kebaikan untuk anak cucu kita," tutup Winarko.

Turut mendampingi Wakil Gubernur antara lain Asisten 1, Kadis Kesehatan, Kadis PMD Dukcapil, Kadis LHK, Kadis Dikbud, Kadis Pariwisata, Kadis Perhubungan, Kadis Pemuda dan Olahraga, Biro Umum, Biro Adpim dan Biro Kesra. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama