Penonton MotoGP pulang, pedagang marchendise dapat untung - OPSINTB.com | News References -->

Senin, 21 Maret 2022

Penonton MotoGP pulang, pedagang marchendise dapat untung

Penonton MotoGP pulang, pedagang marchendise dapat untung

 
Penonton MotoGP pulang, pedagang marchendise dapat untung

OPSINTB.com - Kembalinya para penonton MotoGP ke daerah masing-masing usai perhelatan MotoGP dimanfaatkan oleh para penjual marchendise yang berjualan di area Sirkuit Mandalika.

Mereka menawarkan berbagai macam pernak-pernik yang bisa dijadikan oleh-oleh kepada para penonton. Hasil penjualan pun meningkat signifikan.

Selama perhelatan MotoGP berlangsung atau sejak hari Jumat-Minggu kemarin, para pedagang memperoleh keuntungan hingga lima kali lipat.

"Hasil penjualan bisa mencapai Rp 1-1,2 juta per hari dari hari Jumat kemarin," kata Inaq Rama, salah seorang pedagang baju khas dengan gambar lintasan Sirkuit Mandalika, Senin (21/3/2022).

Dia menuturkan, jika sebelumnya atau pada hari-hari biasa hasil penjualan paling banyak di bawah Rp 200 ribu. Itupun diperolehnya dengan berkeliling hingga ke pinggir pantai memanggul barang dagangannya selama hampir seharian.

"Kalau sebelum MotoGP ini paling banyak dapat Rp 100 ribu sehari. Itupun harus keliling mencari wisatawan," tuturnya.

Hal tersebut diamini Edi, yang juga merupakan pedagang di area Sirkuit Mandalika. Dengan berakhirnya MotoGP, kata Edi, tentunya para penonton akan kembali ke daerah masing-masing dan umumnya akan membeli oleh-oleh. Momen tersebut dimanfaatkannya bersama rekan sesama pedagang untuk memperoleh keuntungan.

Dia mengungkapkan tidak mematok harga tinggi kepada para pembeli. Bahkan barang dagangannya bisa ditawar lebih murah.

"Harga hari biasa dengan sekarang sama, tapi kan kami dapat untung karena mereka beli banyak," ungkapnya.

Sementara itu, Gunawan salah satu penonton MotoGP yang akan pulang ke Bali mengatakan lebih memilih membeli oleh-oleh atau marchendise lainnya di luar sirkuit karena harga lebih terjangkau.

"Beli di luar harga lebih terjangkau. Kualitasnya beda sedikit dengan yang ada di stand dalam sirkuit," kata Gunawan.

Sebelumnya pada jumpa pers di Media Center Indonesia (MCI) Jumat (18/3) malam, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebutkan setidaknya sebanyak Rp 5 miliar lebih uang yang beredar dalam sehari selama perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Adapun dari pantauan Opsintb.com, ada puluhan pedagang yang menjajakan berbagai macam pernik-pernik sebagai oleh-oleh. Umumnya para pengunjung/penonton cenderung membeli pernak-pernik yang bergambar lintasan Sirkuit Mandalika. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama