Pemkab Batu Bara belajar turunkan angka stunting di Lotim - OPSINTB.com | News References -->

10/01/22

Pemkab Batu Bara belajar turunkan angka stunting di Lotim

Pemkab Batu Bara belajar turunkan angka stunting di Lotim

 
Pemkab Batu Bara belajar turunkan angka stunting di Lotim

OPSINTB.com - Keberhasilan Lombok Timur (Lotim) dalam upaya menurunkan prevalensi stunting (gagal tumbuh) dilirik Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara. 

Mengetahui lebih dalam langkah yang dilakukan Lombok Timur, rombongan yang dipimpin Bupati Batu Bara, H Zahir dan Ketua Tim Penggerak PKK Maya Indriasari Zahir melakukan kunjungan kerja di Lombok Timur, Senin (10/1/2022). 

Rombongan diterima langsung Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy di Rupatama 1 Kantor Bupati Lombok Timur.

Bupati dalam kata-kata penerimaannya menyampaikan kondisi Lombok Timur secara umum, termasuk dinamika dan potensi yang dimiliki daerah ini.

Terkait penurunan kasus gagal tumbuh, Bupati menyebut penanganan secara bersama-sama dan komitmen dari semua pemangku kepentingan menjadi hal yang paling penting. Bupati mencontohkan berbagai kebijakan yang dilakukan Pemda untuk mendorong penurunan kasus staunting seperti pelibatan kepala desa, lurah, hingga camat. 

"Pemda menghadiahkan umrah bagi pihak-pihak tersebut yang berhasil menurunkan secara signifikan kasus gagal tumbuh di wilayah masing-masing," ungkap Bupati Sukiman.

Pemberian reward serupa rencananya akan diterapkan Bupati Batu Bara di wilayahnya. Selain itu ia berharap pihaknya dan jajaran dapat mengambil pelajaran dari pola yang diterapkan di Lombok Timur. "Tentunya dengan melakukan penyesuaian agar cocok dengan kondisi di Batu Bara," imbuhnya.

Usai bertukar cendera mata Rombongan dari Kabupaten Batu Bara mendapat pemaparan dari Kepala Dinas Kesehatan. Rombongan juga melakukan kunjungan lapangan ke Puskesmas Pringgasela.

Berdasarkan data elektornik pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat (e-PPGBM) Lombok Timur berhasil menurunkan kasus gagal tumbuh dari 26,46 pada 2018 menjadi 17, 49 pada tahun 2021. Keberhasilan tersebut ditandai pula dengan keberhasilan Lombok Timur menjadi juara umum 1 dalam Aksi Konvergensi Stunting tingkat provinsi NTB pada tahun 2021. 

Dan tahun 2020 Lombok Timur menjadi Kabupaten paling reflektif dalam penurunan angka stunting di NTB. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama