Minat belajar siswa SMA Terbuka di Loteng cukup tinggi - OPSINTB.com | News References -->

Selasa, 25 Januari 2022

Minat belajar siswa SMA Terbuka di Loteng cukup tinggi

Minat belajar siswa SMA Terbuka di Loteng cukup tinggi

 
Minat belajar siswa SMA Terbuka di Loteng cukup tinggi

OPSINTB.com - Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) mencatat, sebanyak 400 lebih siswa sudah terdaftar pada tiga SMA Terbuka di Loteng. Dari keseluruhan jumlah siswa tersebut, sejauh ini tingkat atau minat belajar siswa SMA Terbuka terbilang cukup tinggi.

"Dari pelaporan yang ada, sangat efektif. Tingkat kehadiran siswanya itu terbilang cukup tinggi," kata Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Loteng, Nur Ahmad, di ruangannya, Selasa (25/1/2022).

Menurutnya, keefektifan siswa tersebut disebabkan kesadaran siswa untuk memperoleh pendidikan masih sangat tinggi. Faktor lainnya, pihaknya tidak pernah memaksa siswa SMA Terbuka untuk melaksanakan sekolah seperti sekolah formal. Dengan kata lain harus memakai seragam dan lainnya.

Selain itu, kata Nur Ahmad, demi memudahkan para siswa untuk belajar, guru yang ditugaskan mengajar di SMA Terbuka diharuskan datang langsung ke lokasi terdekat dengan siswa.

"Mereka kan tidak harus pakai seragam. Bawa anaknya juga boleh. Jadi tidak harus formal. Untuk mempermudah mereka, gurunya juga yang datang atau berkunjung," imbuh Nur Ahmad.

Lebih lanjut, Nur Ahmad menjelaskan, adapun kategori calon siswa yang boleh masuk ke SMA Terbuka ialah siswa yang sudah putus sekolah, droop out/DO, dan usianya tidak lebih dari 21 tahun.

"Karena batas usia sekolah itu kan umur 21 tahun. Jadi kalau lebih nanti kami masukkan ke paket C," terang pria asal Lingkungan Sawing, Kelurahan Majidi, Lombok Timur tersebut.

Cabang Dinas Pendidikan sendiri telah menetapkan tiga SMA di Loteng menjadi sekolah pangkalan atau sekolah induk SMA Terbuka. Di antaranya SMAN 1 Pringgarata, SMAN 2 Jonggat, dan SMAN 1 Praya Timur.

Untuk diketahui, SMA Terbuka merupakan program dari Dikbud Provinsi NTB. Adapun anggarannya sama seperti sekolah formal lainnya.

"SMA Terbuka juga mendapatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang dihitung per siswa," tutup Nur Ahmad. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama