BBH sebagai solusi menumbuhkan minat baca anak-anak lokal - OPSINTB.com | News References -->

Minggu, 08 Agustus 2021

BBH sebagai solusi menumbuhkan minat baca anak-anak lokal

BBH sebagai solusi menumbuhkan minat baca anak-anak lokal

 
BBH sebagai solusi menumbuhkan minat baca anak-anak lokal

OPSINTB.com - Literasi membaca kadang dianggap sepele bagi kebanyakan orang di NTB. Imbasnya NTB saat ini berada di peringkat kedua terbawah dari 34 provinsi di Indonesia. 

Sehingga untuk itu, banyak anak-anak muda negeri membentuk dan mendirikan lembaga dan organisasi atau komunitas. Kerja mereka fokus pada perbaikan literasi di NTB. Salah satunya di Wanasaba, Kecamatan Wanasaba, Lombok Timur, berdiri Bale Baca Hasanah (BBH). 

Dalam acara perayaan Dies Natalis yang pertama berdirinya BBH, Founder BBH, Rina Marwati mengungkapkan, jejak juang yang masih panjang dalam memperjuangkan literasi baca tersebut. 

"Kita memperjuangkan literasi baca bagi anak negeri tidak cukup sehari dua hari. Butuh proses yang berkesinambungan untuk itu," ungkapnya, Sabtu (8/8/ 2021). 

Untuk itu, formatur Ketua Umum Kohati BADKO Bali Nusra tersebut menegaskan, bahwa "dicaci takkan gentar. Diapresiasi takkan melayang." 

Sehingga dalam perayaan Dies Natalis BBH yang pertama tersebut, semua pengurus juga meluncurkan buku. Sehingga ini yang menjadi rekam jejak berdirinya BBH Desa Wanasaba. Judul bukunya "rentang kisah bale baca hasanah"

"Kami meminta para pengurus dan tutor di BBH untuk menulis kesan dan pesan mereka untuk BBH kedepannya. Ini juga menjadi kado ultah yang pertama bagi BBH," bebernya.

Di sisi lain Sekertaris Konsorsium NTB Membaca, Dr Lalu Ari Irawan mengungkapkan, BBH adalah salah satu solusi untuk menumbuhkan minat baca bagi anak-anak lokal. Sehingga Sangat besar pengaruhnya.

Ia juga mengungkapkan, bahwa hasil survei literasi baca di NTB yang sangat memperihatinkan. Survei ini dilakukan sebelum pandemi covid 19.

"Apakah orang tua dan masyarakat menjadikan ini sebuah perhatian. Hasil survei literasi di NTB, dari 4 anak, satu yang tidak bisa membaca. Itupun data sebelum pandemi. Bagaimana dengan setelah pandemi ini," katanya saat mengisi talk show dengan tema "Inovasi Berbasis Literasi Di Era Industri".

Selain menyelenggarakan talk show, BBH juga harus menyelenggarakan banyak perlombaan edukasi. Perlombaan tersebut diselenggarakan sebagai acara untuk menyambut Hultah BBH yang pertama. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama