Cegah kebakaran, Damkar-mat Lotim akan Bimtek 250 desa - OPSINTB.com | News References -->

Kamis, 22 Juli 2021

Cegah kebakaran, Damkar-mat Lotim akan Bimtek 250 desa

Cegah kebakaran, Damkar-mat Lotim akan Bimtek 250 desa

 
Cegah kebakaran, Damkar-mat Lotim akan Bimtek 250 desa

OPSINTB.com - Untuk mencegah terjadinya kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar-mat) Lombok Timur melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) di setiap desa di Lombok Timur. Salah satunya di Desa Jurit Baru, Kecamatan Pringgasela, Kamis (22/7/2021).

Kepala Bidang Pencegahan pada Dinas Damkar-mat Lombok Timur, Athar mengatakan, tujuan dari Bimtek tersebut bagaimana pencegahan dini terjadinya kebakaran, mengatasi api lebih awal saat terjadinya kebakaran. 

"Tujuan kami melakukan Bimtek ke desa-desa untuk bagaimana mencegah terjadinya kebakaran sedini mungkin," ungkapnya.

Dalam Bimtek, lanjut Athar, pihaknya juga akan memberikan praktik langsung untuk bagaimana mengatasi terjadinya kebakaran tersebut. 

Namun, Bimtek yang dilakukan tidak hanya di Desa Jurit Baru saja, tetapi pihaknya juga sudah melakukan hal serupa ke desa lain, seperti Desa Aik Dewa, Sembalun dan semua desa di Sembalun. 

"Bimtek Ini kita akan lakukan di semua Desa yang lainnya dan kita akan menargetkan 250 Desa di Lombok Timur," katanya.

Athar berharap, kepala desa yang ada di Kabupaten Lotim ini tahu tentang bagaimana Standar Operasional Prosedur (SOP), terkait dengan Pemadam Kebakaran awal yang ada di Desa-Sesa. Dan mengetahui bagaimana sinergitas antara Damkar-mat yang ada di Lotim dengan setiap kecamatan. Agar penahanan api awal bisa tertangani dengan maksimal. 

Sementara itu, Sekretaris Desa Jurit Baru, Wildan sangat bersyukur dengan adanya Bimtek Pencegahan Kebakaran ini, karena selama ini ia tidak pernah mendapatkan Bimtek terkait pencegahan kebakaran.

"Kami sangat bersyukur adanya program yang dilakukan oleh Damkar Lotim," Katanya

Ia berharap dengan adanya Bimtek ini, Damkar selalu memandu dan memberikan ilmu yang berguna untuk pencegahan dini terjadinya kebakaran. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama