Pemda Lotim siapkan konsep SPAB berbasis lokal - OPSINTB.com | News References -->

25/06/21

Pemda Lotim siapkan konsep SPAB berbasis lokal

Pemda Lotim siapkan konsep SPAB berbasis lokal

 
Pemda Lotim siapkan konsep SPAB berbasis lokal

OPSINTB.com - Guna mempersiapkan penyelenggaraan program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) sebagai salah satu program prioritas nasional tahun 2021, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar rapat koordinasi implementasi SPAB.

Kegiatan yang dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur itu berlangsung Jumat (25/6/2021) di Ruang Rapat Masjid Kantor Bupati.

Menurut Sekda, HM Juaini Taofik, kegiatan ini merupakan awal yang baik untuk mewujudkan SPAB. 

"Sebab bagaimana pun bencana tidak dapat dihindari seperti halnya bencana yang pernah menimpa Lombok Timur beberapa waktu terakhir, mulai dari gempa bumi, banjir, termasuk bencana non alam pandemi covid-19," kata Juaini.

Karena itu, lanjutnya, pelibatan berbagai elemen untuk merumuskan konsep aman bencana yang akan diterapkan nantinya.

"Pendekatan kolaboratif yang digunakan dalam persiapan pelaksanaan SPAB ini sangat relevan, mengingat setiap persoalan tidak dapat dibahas sendiri-sendiri," kata Juaini.

Karena alasan itu pula, ia meminta seluruh peserta dapat berpartisipasi secara aktif menyumbangkan idenya demi terwujudnya SPAB.

Senada, ketua Tim BNPB Lombok Timur, Iwan Subiantoro meminta agar rapat ini dimanfaatkan demi menyamakan persepsi penerapan SPAB. 

Ia mengingatkan agar konsepnya menyesuaikan dengan kebutuhan lokal di Lombok Timur.

"Penerapannya pun diharapkan dapat dimulai sejak jenjang terendah yaitu pra sekolah seperti PAUD. Selain itu, kami juga meminta agar pelaksanaannya tidak hanya di sekolah negeri melainkan juga di sekolah swasta, termasuk Pondok Pesantren," kata Iwan.

Rapat koordinasi persiapan penerapan SPAB ini diikuti 25 orang yang berasal dari berbagai elemen pendidikan seperti Kementrian Agama Lombok Timur, Dinas Pendidikan Lombok Timur, Universitas Gunung Rinjani, Universitas Hamzanwadi, KNPI, Marakita`limat, STIA Muhammadiyah, dan UNW Anjani. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama