Kabar gembira, Bank NTB akan beri bantuan dana untuk nelayan lobster - OPSINTB.com | News References -->

09/06/21

Kabar gembira, Bank NTB akan beri bantuan dana untuk nelayan lobster

Kabar gembira, Bank NTB akan beri bantuan dana untuk nelayan lobster

 
Kabar gembira, Bank NTB akan beri bantuan dana untuk nelayan lobster

OPSINTB.com - Bank NTB Syariah dan Gabungan Pengusaha Lobster Indonesia (GPLI), melakukan penandatangan MoU untuk membatu dan mensejahterakan para nelayan lobster di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah menyaksikan langsung penandatangan perjanjian kerjasama tersebut, di ruang kerjanya, Rabu (9/6/2021).

Direktur Utama Bank NTB Syariah, Kukuh Rahardjo menjelaskan, MoU ini merupakan inisiasi dan kerjasama NTB dan GPLI. "Kami akan membantu dari segi pembiayaanya," kata Kukuh.

Dijelaskannya, untuk pembiayaan,  satu nelayan yang memiliki usaha budidaya memerlukan pendanaan sekitar Rp 50-80 juta, dengan bibit 1.000-2.000 ekor.

Dalam satu Kelompok Usaha Bersama (KUB) ada 10 orang, akan diberikan 4-6 karamba, dimana dalam satu karamba isinya sekitar 250 ekor lobster ukuran 30 gram.

"Nelayan akan memelihara selama 6 bulan, hingga memiliki berat 200-250 gram, siap untuk dipanen," jelasnya.

Menindaklanjuti MoU ini, Kukuh juga mengatakan bahwa Pemprov NTB bersama dengan GPLI ini juga akan menyediakann lokasi-lokasi yang cocok untuk budidaya lobster di NTB.

"Salah satu lokasi yang saat ini dikembangkan ada di Telong Elong Lombok Timur," katanya.

Kalau untuk lokasi ini, yang sudah di ujicoba sekitar 100 karamba. Lokasi lain di NTB yang memenuhi syarat akan dibudidayakan lobster juga.

"Bila ada masyarakat yang ingin mengetahui tentang pembiayaan ini, langsung kunjungi Bank NTB Syariah se-NTB," pungkasnya.

Sementara itu Ketua GPLI Gunawan, mengatakan bahwa tugas pihaknya melakukan pembinaan dan pendidikan bagi nelayan lobster.

"Kami akan didik mereka, melakukan pendampingan termasuk menyediakan pakan hingga pemasarannya," Gunawan. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama