Industri pencucian sarang walet di NTB tingkatkan nilai ekspor - OPSINTB.com | News References -->

19/06/21

Industri pencucian sarang walet di NTB tingkatkan nilai ekspor

Industri pencucian sarang walet di NTB tingkatkan nilai ekspor

 
Industri pencucian sarang walet di NTB tingkatkan nilai ekspor

OPSINTB.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengatakan, dengan industri pencucian sarang walet sebelum diekspor, selain akan menyejahterakan masyarakat juga memberi nilai tambah produk yang diekspor. 

"Harganya pasti akan lebih tinggi karena sudah diproses dan yang terbuang bisa diolah menjadi produk baru," ucap Bunda Niken saat meresmikan Galeri Olahan dan Industri Pencucian Sarang Walet di Desa Kateng, Lombok Tengah, Jumat (18/06/2021).. 

Sebelumnya, PT Ammar Sasambo dan Ading International di NTB mengekspor perdana sebanyak empat ton sarang burung walet  ke Korea Selatan dan Timur Tengah pada April lalu. Sehingga, membuka peluang industri pencucian sarang walet ekspor, yang sebelumnya dikemas langsung dari pelaku usaha walet.   

Setelah dilakukan pencucian dan pemisahan kualitas, harga sarang walet perkilo akan naik dari Rp 10 juta menjadi Rp 33 juta. 

Eksportir Ading Walet Internasional, H L Ading yang pertama mendapatkan sertifikat dan izin ekspor di NTB menjelaskan, mesin pencuci didatangkan dari Surabaya yang membutuhkan pengatur suhu agar hasil proses pencucian sesuai standar kualitas. Ia bahkan optimis bisa mengekspor hingga 25 ton pada tahun ini. 

"Dari pelaku sarang walet yang terdaftar sekarang sebanyak 157 orang, diluar mereka, belum semuanya mengumpulkan panen ke  kita untuk diekspor," sebut Ading. 

Dari 13 apartemen saja, kata Ading bisa menghasilkan sampai 100 kilogram sarang walet dari panen per tiga bulan. Bahkan tahun 2020 lalu, perusahaannya sendiri sudah mengekspor 17 ton sarang walet ke Cina. 

Perwakilan Bank Indonesia NTB, Iwan Kurniawan mengatakan, potensi ekspor dari hasil business matching di Cina seperti Taipei dan Tiongkok permintaannya sangat besar. Oleh karena itu, pihaknya membantu membiayai pelatihan tenaga pencuci sarang walet dan membuka jaringan pemasaran dan jalur ekspor bersama stakeholder lain seperti perbankan, Bea Cukai dan penerbangan. 

"Kami optimis ini akan memulihkan dan menggerakkan ekonomi selama pandemi," ujar Iwan. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama