Bupati : Dana desa boleh digunakan untuk penanggulangan Covid-19 - OPSINTB.com | News References -->

29/01/21

Bupati : Dana desa boleh digunakan untuk penanggulangan Covid-19

Bupati : Dana desa boleh digunakan untuk penanggulangan Covid-19

 
Bupati : Dana desa boleh digunakan untuk penanggulangan Covid-19

OPSINTB.com - Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Covid-19, Jumat (29/1/2021). Rapat yang dilaksanakan di Masjid Kantor Bupati itu, dihadiri Danramil, Kapolsek, Kepala UPT Dikbud, P3AKB, dan Kepala Puskesmas.

Dalam sambutannya, Bupati meminta agar pencegahan dan penanggulangan covid-19 kembali diperkuat. Dan kali ini upaya dilakukan mulai dari tingkat desa dengan mendirikan pos gerbang desa, keberadaan relawan covid-19, sosialisasi, penyediaan tempat isolasi minimal dengan sepuluh tempat tidur, dan laporan secara rutin oleh Kepala Desa. 

"Dana desa boleh digunakan untuk keperluan penanggulangan covid-19. Konsentrasi pembangunan tahun ini fokus untuk pengendalian covid-19 kecuali untuk infrastruktur yang mendesak," tegasnya.

Bupati juga meminta optimalisasi peran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas, mulai dari Dinas Pendidikan, P3AKB, hingga Pertanian dan Peternakan untuk menyosialisasikan kembali pentingnya penerapan protokol kesehatan. Ia juga meminta optimaliasi peran pemuka agama dan keterlibatan Kantor Urusan Agama (KUA) untuk tujuan sosialisasi ini.

Seluruh elemen ini, utamanya Camat, Danramil, dan Kapolsek, bersama Kepala Desa memastikan keberadaan Desa Aman Covid dan merevitalisasi upaya penanggulangan covid-19. Sebab saat ini kasusnya masih terus mengalami peningkatan. 

"Jika seluruh elemen bekerja optimal covid-19 akan dapat dikendalikan seperti halnya di awal penyebaran covid-19 di Kabupaten Lombok Timur," kata Bupati.

Sebelumnya, Ahli Epidemiologi, dr. Pathurahman memaparkan kondisi covid-19 di Lombok Timur dan berbagai upaya yang perlu dilakukan untuk pengendaliannya. Salah satu rekomendasinya adalah pentingnya setiap komponen untuk memeperhatikan perkembangan kasus yang ada sesuai wilayah masing-masing dan segera mengambil langkah. 

"Upaya preventif adalah yang paling efektif sehingga direkomendasikan pula upaya dilakukan dari lingkungan terkecil seperti desa/kelurahan melalui aksi jaga kampung sendiri," pungkasnya.

Rapat Koordinasi dibuka Sekda Lombok Timur, HM Juaini Taofik. Ia menyampaikan bahwa saat ini Lombok Timur berada di zona oranye covid-19, sehingga dibutuhkan kolaborasi seluruh stakeholder untuk keluar dari kondisi tersebut. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama