Dewan dorong Dispar Lotim lebih kreatif kelola wisata - OPSINTB.com | News References -->

05/12/20

Dewan dorong Dispar Lotim lebih kreatif kelola wisata

Dewan dorong Dispar Lotim lebih kreatif kelola wisata

 
Anggota dprd lotim daeng paelori

OSPINTB.com - Potensi wisata Lombok Timur (Lotim) belum mampu dikelola maksimal oleh pemerintah setempat. Padahal, Lotim merupakan daerah yang memiliki destinasi wisata melimpah.

Kondisi ini selalu menjadi pemicu anggota DPRD Lotim melontarkan keritikan keras kepada pemerintah setempat, terutama Dinas Pariwisata (Dispar).

Wakil Ketua DPRD Lotim H Daeng Pelori menegaskan, agar Dispar lebih kreatif dalam pengembangan segala potensi destinasi yang ada. 

"Kita melihat pengelolaan destinasi wisata belum maksimal, belum kelihatan hasilnya meskipun kita kaya akan destinasi wisata," kata Daeng kepada wartawan, Jumat (4/12/2020). 

Lanjutnaya, melihat potensi yang ada, seharusnya wisata Lotim lebih menggeliat dan memberikan dampak positif kepada masyarakat. Namun ia sayangkan hal itu belum berdampak jelas. Termasuk dari PAD yang masih tergolong rendah. 

Persoalan ini pun sudah disampaikan ke Dispar Lotim, hanya saja pihak Dispar mengaku tidak memiliki anggaran. Tetapi menurut kalangan legislatif ini merupakan alasan klasik. 

"Persoalan anggaran ini kita maklumi karena memang kondisi dalam pandemi Covid-19. Tetapi bukan berarti tidak bisa berinovasi dan berkreasi," ungkapnya. 

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Lotim, M Mugni menjelaskan, bahwa tidak adanya inovasi terkait dampak virus Corona ini dikarenakan dalam pengembangan pariwisata bersifat making someone coming and stoping (membuat orang datang dan berhenti, red). Sehingga sangat bertolak belakang dengan kondisi dan fakta hari ini. 

Kondisi itu pun sudah terlihat dengan kunjungan wisatawan yang turun drastis. Para pelaku usaha di sektor pariwisata berupa homstay, hotel, penginapan hingga Potter mengalami dampaknya. Termasuk dalam pengembangan dunia pariwisata, tidak bisa hanya sebatas teori. Melainkan perlu tindakan dalam upaya kunjungan wisatawan. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama