Cegah pernikahan dini, PIKR rekrut anggota baru - OPSINTB.com | News References -->

Thursday, December 3, 2020

Cegah pernikahan dini, PIKR rekrut anggota baru

Cegah pernikahan dini, PIKR rekrut anggota baru

 
Cegah pernikahan dini, PIKR rekrut anggota baru

OPSINTB.com  - Pusat Informasi Konseling Remaja (PIKR) Kabupaten Lombok Timur melantik anggota baru di Danger, Kecamatan Masbagik, 29 November 2020.

PIKR menggelar kegiatan Regenerasi PIKR (Repik) dengan mengusung tema, Menuju Generasi PIKR yang Unggul dalam Karya dan Loyal terhadap Organisasi.

Kegiatan PIKR merupakan kegiatan yang bersifat edukasi terhadap pengetahuan Gender, dengan maksud dapat menurunkan angka pernikahan dini dan mampu memberi konseling antar remaja.

Ketua Panitia, Rahmat Rifki Aulia Ahzami, mengatakan organisasi ini tergolong baru di kalangan kampus dan keanggotaannya terdiri dari unsur mahasiswa.

"Anggota kita baru mencapai 50 orang dan semua itu dari mahasiswa," kata Rahmat.

Sementara itu, Duta Gender perwakilan Lombok Timur, Anja Bebiana Sukma, menjelaskan  PIKR merupakan wadah kegiatan bagi remaja, karena remaja merupakan permasalahan yang kompleks hingga permasalahan kesehatan reproduksi remaja.

Melalui kegiatan ini akan diberikan edukasi untuk menghindari seks pra nikah, Napza, dan pernikahan dini, serta memberi edukasi reproduksi. Selain itu juga mendorong remaja untuk berkarya dan mengembangkan potensi yang dimilikinya.

"Kami merekrut anggota baru dan Mereka kita dorong menjadi anggota yang mampu memberikan konseling terhadap teman sebayanya," kata Bebiana.

Kata dia, hampir delapan puluh persen mereka bercerita kepada teman sebayanya, sehingga melalui wadah inilah nanti akan diberikan apresiasi untuk mengikuti ajang lomba-lomba hingga ke tingkat Nasional.

"Seperti pengalaman saya sebagai Duta, untuk teman-teman harus berkegiatan melalui PIKR sebagai wadah untuk memberikan informasi atau penyuluhan kepada teman-temannya, karena Duta Gender merupakan apresiasi bagi anggota yang aktif memberikan informasi," ujarnya.

Dengan adanya wadah ini, lanjutnya, anggota PIKR mampu membuat program yang edukatif serta bisa menyelesaikan persoalan yang terjadi di kalangan remaja.

"Regenerasi kedepannya semoga lebih baik dan terus semangat untuk menyampaikan edukasi maupun informasi kepada teman sebaya kita," kata Anja Bebiana. (rji)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama