2 hari terombang-ambing di lautan, 3 nelayan asal Dompu berhasil ditemukan - OPSINTB.com | News References -->

Selasa, 17 November 2020

2 hari terombang-ambing di lautan, 3 nelayan asal Dompu berhasil ditemukan

2 hari terombang-ambing di lautan, 3 nelayan asal Dompu berhasil ditemukan

 
2 hari terombang-ambing di lautan, 3 nelayan asal Dompu berhasil ditemukan

OSINTB.com - Anggota Kepolisian Sektor Kilo, dibantu Pol Airud Polres Bima Kota dan Basarnas serta dibantu sekelompok nelayan di Kecamatan Kilo, akhirnya berhasil menemukan warga yang hilang akibat terseret arus laut, Selasa (17/11/2020).

Warga yang hilang tersebut yakni Sunardin (22), Fikram (23), dan Arifrahman (22 ), merupakan warga yang sama yaitu Dusun Paropa, Desa Malaju, Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu.

Kapolsek Kilo, Yuliansyah menjelaskan, peristiwa hilangnya tiga pemuda yang merupakan warga Kilo itu terjadi pada hari Minggu (15/11/2020) sekira pukul 20.30 wita.

Kejadian berawal saat perahu bernama Tampil Beda yang dinahkodakai oleh Sunardin beserta kedua rekannya yakni Fikram dan Arifrahman pergi memancing ikan tuna. Jarak kampung dengan posisi memancing sekitar 25 mil. Namun, sekitar pukul 23.30 wita ke tiga pemuda tersebut hendak pindah letak memancing namun mesin perahu macet (tidak bisa dihidupkan) dan saat itu pula arus sangat keras disertai angin kencang sehingga perahu yang ditumpangi ke tiganya terseret arus.

Lanjut Yuliansyah, menurut keterangan ketiganya, mesin perahu tidak bisa hidup dikarenakan klep oli mengalami kebocoran atau rusak. "Sehingga mereka terseret arus dan mengaharuskan ke tiga pemuda tersebut pasrah diatas perahu sembari menunggu bantuan yang melintasi lokasi pemancingan," jelasnya.

Selnjutnya pada hari Senin (16/11/2020) sekitar pukul 17.30 wita, salah seorang nelayan Andi Arahman yang ikut berbagung dalam pencarian menemukan keberadaan tiga pemuda tersebut melintasi di perairan Laut Sangiang dan melihat ke tiga pemuda yang tengah terdampar di perairan Toro Naru wilayah Laut sangiang kecamatan Wera Timur, Kabupaten Bima dalam keadaan selamat.

Setelah ditemukan kemudian Andi Rahman melakukan koordinasi dengan Kepolisian yang saat itu tengah melakukan upaya pencarian  keberadaan mereka, selanjutnya oleh Kepolisian Sektor Kilo, Basarnas Kabupaten Bima dan Pol Airud Bima Kota serta beberapa nelayan yang ikut bergabung mencari korban membawa kembali ke tiga pemuda yang dimaksud dengan menarik perahu yang ditumpanginya hingga sampai didermaga Paropa Desa Malaju Kilo.

"Setelah sampai di Dermaga kilo, Selasa (17/11) sekitar pukul 11.30 wita, ketiga pemuda langsung dilakukan pengecekan kesehatan oleh pihak Pukesmas Kilo selanjutnya korban dipulangkan ke rumah masing-masing," pungkasnya. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama