Pemda Lotim gelar Apel 3 Pilar penilaian Lomba Kampung Sehat - OPSINTB.com | News References -->

Rabu, 23 September 2020

Pemda Lotim gelar Apel 3 Pilar penilaian Lomba Kampung Sehat

Pemda Lotim gelar Apel 3 Pilar penilaian Lomba Kampung Sehat

Pemda Lotim gelar Apel 3 Pilar penilaian Lomba Kampung Sehat

OPSINTB.com - Pemda Kabupaten Lombok Timur (Lotim) telah menggelar Apel 3 Pilar dalam rangka penilaian Lomba Kampung Sehat "Nurut Tatanan Baru" tingkat Kabupaten Lotim tahun 2020, Rabu 23/9 pukul 08.05 wita.

Apel yang bertempat di Lapangan Apel Kantor Bupati itu dihadiri Sekda Lotim HM Juaini Taufik, Dandim 1615/Lotim Letkol Agus Prihanto Donny, Kapolres Lotim Tunggul Sinatrio, dan jajaran terkait.

Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan beberapa hal penting terkait penilaian Lomba Kampung Sehat tingkat Kabupaten Lombok Timur. Terutama dalam menegakkan protokol kesehatan covid-19.

Dia menghimbau agar tidak mengadakan seremonial penyambutan yang berlebihan namun bisa digantikan dengan Apel Penilaian 3 Pilar Lomba Kampung Sehat, menghadirkan aparat desa, anggota BPD dan LKMD, Badan Keamanan Desa, dan posyandu dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Dalam penilaian, ada beberapa parameter yang disiapkan. Di antaranya untuk parameter bidang kesehatan, yakni setiap kampung harus memiliki posko kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat. "Seperti harus menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan," imbuh Sekda.

Sementara Kapolres menyampaikan, Lombok Timur telah diberikan penghargaan oleh pemerintah Provinsi yang telah melaksanakan penanganan covid yang dinilai terbaik.

"Kita harus melakukan sistem deteksi dini, masyarakat harus terus dipacu, diberikan motivasi sehingga munculah lomba Kampung Nusatara yang di tingkat bawah/ breakdown menjadi Kampung Sehat," ungkapnya.

"Ini adalah ikhtiar yang dilakukan pemerintah, kita telah lakukan sosialiasi. Kurva meningkat, sehingga keluar Inpres no 6 tahun 2020 yang dijabarkan dalam bentuk Perda dan Perbup yang saat ini telah kita jalankan bersama. Penegakannya dilakukan dengan pelaksanaan Operasi Yustisi," sambungnya.

Untuk mendukung jalannya lomba dan penegakan protokol kesehatan, seluruh mobil maupun motor dinas ditempel stiker yustisi covid 19. Ini juga menjadi simbol perlawanan atau perang terhadap covid-19.

"Kita gelorakan kegiatan ini untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Lombok Timur," pungkas mantan Kapolres Sumbawa itu.

Sementara Dandim 1615/Lotim dalam sambutannya menyampaiakn, dalam pelajsanaan Lomba Kampung Sehat, masyarakat harus tetap berkarya. Lebih penting lagi, masyarakat harus tetap waspada terhadap penyebarannya.

"Kita tetap mengikuti protokol kesehatan dalam memerangi covid-19 ini. Harus tetap meningkatkan imunitas dengan cara berolah raga, tetap semangat dan terus panjatkan doa untuk negri kita tercinta ini," seru Dandim.

Usai sambutan, Apel dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan yang telah ditandatangani oleh Gubernur NTB, Danrem 162/WB dan Kapolda NTB, Bupati Lotim, Dandim 1615 serta Kapolres Lotim dalam rangka penilaian Lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru tingkat Kabupaten Lotim tahun 2020.

Perwakilan masing-masing juara 1 lomba dari tiap kecamatan menerima penghargaan  yang diserahkan oleh Sekda Lotim, Dandim 1615 dan Kapolres Lotim. (met)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama