Kabar gembira! Dispora Lotim akan berikan modal usaha untuk pemuda - OPSINTB.com | News References -->

Wednesday, September 30, 2020

Kabar gembira! Dispora Lotim akan berikan modal usaha untuk pemuda

Kabar gembira! Dispora Lotim akan berikan modal usaha untuk pemuda

Kabar gembira! Dispora Lotim akan berikan modal usaha untuk pemuda

OPSINTB.com - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lombok Timur (Lotim) terus berupaya memfasilitasi dan memberdayakan generasi muda dalam rangka meningkatkan produktifitasnya. Salah satunya melalui permodalan.

Kepala Dinas Dispora Lotim, Izzuddin mengatakan, pihaknya sebagai fasilitator bekerjasama dengan pihak Perbankan, salah satunya dengan Bank NTB Syariah Cabang Lotim memfasisilitasi pemuda untuk mendapatkan modal usaha.

"Oleh karena itu, kita kumpulkan mereka untuk mendapatkan penjelasan teknisnya. Kita juga akan tinjau kembali secara administratif apa saja yang dibutuhkan oleh para wirausahawan muda untuk mengajukan permohonan permodalan tersebut," jelasnya, Selasa 29/9/2020.

Menurut Izzuddin, dari hasil komunikasi dengan pihak Perbankan, gambaran anggaran yang dikucurkan pada pengusaha muda tersebut berkisar dari Rp 20-50 juta. Terkait dengan pembayaran akan diangsur sesuai dengan jenis usahanya. Misalnya saja usaha di bidang pertanian biasanya hasil panennya per triwulan. Maka pembayarannya akan diangsur pada saat panen.

Lebih jauh ia sampaikan, pinjaman yang akan disalurkan pihak perbankan tersebut, mekanismenya melalui Dinas Dispora dan administrasinya sangat mudah tidak seperti Perbankan pada umumnya.

Masih kata dia, bagi para wirausaha muda yang meminjam anggaran Rp 20 juta misalnya, cukup hanya menyerahkan rekomendasi dari Dinas Dispora. Ada pun yang diatas Rp 20 juta harus memiliki Surat Izin Usaha (SIU).

"Secara detail dalam waktu dekat ini, kami berencana untuk menemukan para wirausahawan dengan pihak Perbankan agar benar-benar faham apa saja syarat yang diperlukan serta melibatkan Organisasi Perangkat Daerah(OPD). Di antaranya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perizinan serta Dinas Kesehatan yang berkaitan dengan hak paten membutuhkan uji klinis terhadap kegiatan usahanya," ucap mantan Kabid Dikdas itu.

"Berbagai upaya dilakukan pihaknya untuk membantu permodalan wirausaha. Bahkan, sebelum pandemi ada sebanyak 60 proposal yang telah dibawa di Kemenpora dan disetujui kurang lebih 30 proposal dan realisasinya langsung melalui rekening yang bersangkutan," tuturnya.

Selain itu, pihaknya dalam waktu dekat akan melaksanakan bimbingan teknis pada wirausaha muda yang dianggarkan melalui APBD dengan melibatkan tim ahli. Agar apa yang diihtiarkan oleh mereka baik produksi dan lain sebagainya benar-benar bermutu dan berkualitas.

"Ini adalah salah satu upaya Pemda Lotim melalui Dispora untuk memfasisilitasi permodalan para wirausaha. Ia berharap para pemuda memiliki pengalaman yang komprehensif. Dengan bantuan tersebut diharapkan bisa mencetak pemuda produktif dan mandiri serta berguna bagi bangsa dan negara," pungkas Izzuddin. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama