Dua TKI ilegal meninggal di Malaysia, jenazah sudah tiba di Lotim - OPSINTB.com | News References -->

Jumat, 07 Agustus 2020

Dua TKI ilegal meninggal di Malaysia, jenazah sudah tiba di Lotim

Dua TKI ilegal meninggal di Malaysia, jenazah sudah tiba di Lotim

Dua TKI ilegal meninggal di Malaysia, jenazah sudah tiba di Lotim

OPSINTB.com - Dua orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Lombok Timur, NTB meninggal dunia di Malaysia.

Kabid PPTK pada Disnakertrans Lombok Timur, Hirsan mengatakan, dua TKI tersebut bernama Mastur (46) asal Desa Gerisak Semanggeleng, Kecamatan Sakra Barat dan Sukariandi (38) asal Desa Montong Beter, Kecamatan Sakra Barat.

"Keduanya adalah TKI ilegal. Mastur meninggal karena penyakit TBC dan Sukariandi meninggal secara tiba-tiba, jatuh di kamar mandi," jelas Hirsan kepada opsintb.com, Jumat 7/8/2020.

Kedua jenazah tersebut sudah dipulangkan dari Malaysia dan tiba di Bandara Internasional Lombok (BIL) atau Bizam pukul, Jumat 14.30 wita. Jenazah dijemput langsung oleh pihak Disnakertrans Lombok Timur dan langsung dibawa ke rumah keluarga korban untuk dimakamkan.

Namun, kata Hirsan, pemerintah tidak bisa berbuat banyak untuk memulangkan jenazah tersebut akibat tak ada dana.

"Kami (Disnakertrans, red) hanya mampu membayarkan kargo saja. Nanti kami juga akan memberikan santunan seadanya untuk keluarga korban," imbuhnya.

Masih kata Hirsan, dalam kasus ini yang bertanggung jawah seharusnya dari pihak sponsor. Namun karena kedua TKI tersebut ilegal, tidak diketahui pasti siapa sponsor mereka. Tapi beruntung kepulangan satu jenazah ditanggung majikannya. Namun satu jenazah lainya terpaksa ditanggung oleh keluarga. "Inilah susahnya kalau menjadi TKI ilegal," kata dia.

Untuk itu Hirsan menegaskan agar calon TKI berangakat secara legal/prosedural. Sehingga, jika ditemukan kasus serupa, akan jelas siapa yang akan bertanggungjawab. Dan tentu tidak akan memberatkan pihak keluarga. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama