Populerkan Seni Qasidah, Pengurus LASQI Lotim Dikukuhkan - OPSINTB.com | News References -->

09/07/20

Populerkan Seni Qasidah, Pengurus LASQI Lotim Dikukuhkan

Populerkan Seni Qasidah, Pengurus LASQI Lotim Dikukuhkan

Populerkan Seni Qasidah, Pengurus LASQI Lotim Dikukuhkan

OPSINTB.com - Acara pengukuhan pengurus Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Lombok Timur berlangsung di Pendopo Wakil Bupati, Rabu 08/7/2020.

Acara dihadiri Wabup Lombok Timur, H Rumkasi Sj, DPW LASQI Provinsi NTB Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, Ketua LASQI Lombok Timur Hj Siti Kudsiah Rumaksi, pengurus dan anggota.

Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan, LASQI Lombok Timur patut dibanggakan. Kendati masih berusia muda namun memiliki prestasi yang mumpuni. Terlebih jika melihat semangat pengurus dan anggota LASQI saat ini yang usianya sudah cukup matang.

Wabup berharap pengurus LASQI yang baru saja dikukuhkan dapat meningkatkan performa LASQI Lombok Timur.
Disampaikannya pula bahwa sebuah lembaga harus diperkuat SDM yang baik dan didukung sumber dana memadai agar dapat berjalan dengan baik. Karena itu Wabup berjanji ke depan pihaknya akan mengkomunikasikan anggaran bagi LASQI melalui OPD terkait.

"Kami juga meminta agar LASQI Lombok Timur lakukan regenerasi untuk senantiasa menjaga kelestarian Qasidah sebagai seni bernafaskan religi," kata Wabup.

Hal ini juga untuk mengcounter gaya hidup western yang acap mempengaruhi pemuda-pemuda daerah, bahkan bangsa ini. Untuk itu, Wabup meminta agar pengurus mampu memberikan warna baru dalam perkembangan Qasidah di daerah ini. "Sehingga mampu menarik minat remaja dan generasi muda," imbuhnya.

Senada, Ketua DPW LASQI Provinsi NTB juga menyoroti eksistensi seni qasidah yang dinilainya kurang mendapat perhatian generasi millennial. Karenanya ia meminta agar pengurus LASQI dapat mempopulerkan kesenian ini, termasuk menanamkan nilai-nilai positif melalui seni qasidah untuk mendukung peningkatan kualitas SDM di daerah ini.

Sementara itu Ketua LASQI Lombok Timur berharap pembinaan dari LASQI Provinsi dapat dilakukan secara rutin demi mewujudkan Visi Misi DPD LASQI Lombok Timur yaitu "Memasyarakatkan Seni Qasidah Indonesia serta menjadi yang terbaik di antara yang paling baik".

Kudsiah juga menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Lombok Timur atas dukungan dan pembinaan yang diberikan kepada DPD LASQI Lombok Timur.

Dukungan tersebut diharapkan mampu mengantarkan seni dan kearifan lokal Lombok Timur menjadi bagian dari pengembangan pariwisata serta terwujudnya seniman dan generasi muda yang tangguh, berprestasi dan kuat menghadapi tantangan hidup di masa depan. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama