Setelah Didemo, Ini Klarifikasi Kades Gelora - OPSINTB.com | News References -->

Senin, 01 Juni 2020

Setelah Didemo, Ini Klarifikasi Kades Gelora

Setelah Didemo, Ini Klarifikasi Kades Gelora

Setelah Didemo, Ini Klarifikasi Kades Gelora

OPSINTB.con - Aliansi Masyarakat Gelora Menggungat (AMGM) Desa Gelora, Kecamatan Sikur telah melakukan aksi demo di kantor desa setempat pada hari Jumat (29/5) lalu.

Aksi tersebut dilakukan untuk menuntut transparansi pemdes setempat. Sebab masyarakat mengaku, pemdes telah berlaku tidak adil terkait permasalahan data penerima Jaring Pengaman Sosial (JPS) di Desa Gelora. Sebelum domo, masyarakat temasuk Karang Taruna Desa Gelora telah meminta data tersebut. Namun pemdes tak kunjung menyerahkan data penerima JPS hingga demo berlangsung.

Terkait hal itu, Kades Gelora, Nursamat memberi klarifikasi, Senin 01/6/2020. Kata dia, pembagian JPS yang dilakukan oleh pemdes sudah sesuai dengan Protap pembagian untuk masyarakat terdampak covid-19.

Ada pun data penerima JPS yang diminta massa aksi, lanjutnya, belum diberikan karena pemdes masih melakukan validasi. Sebab data belum rampung. Validasi merupakan proses penting yang harus dilakukan pemdes guna menghindari penerima bantuan ganda.

"Sehingga sebelum valid kami tidak memberikan datanya. Tapi kami sudah berikan datanya karena semua sudah valid," jelas Nursamat.

Tetapi sebenarnya, kata dia, aksi demonstasi tersebut seharusnya tidak perlu dilakukan. Pasalnya, seluruh Kepala Kewilayahan, BPD termasuk beberapa perwakilan dari massa aksi/KarangTaruna telah diundang oleh pihak pemdes untuk membahas/validasi data penerima bantuan JPS yang dimaksud. Tetapi undangan tidak diindahkan.

"Pemdes telah memanggil Karangtrauna untuk melakukan klarifikasi terhadap persoalan ini. Tapi kami tidak tahu kebenaranya. Kita suruh dia (Karang Taruna, red) datang, dia tidak datang," ujaranya.

Meski demikian, lanjut Nursamat, aksi demo yang telah dilakukan menjadi motivasi dan pelajaran Pemdes Gelora untuk bertindak, berbuat, dan mengambil keputusan lebih baik di kemudian hari.

"Yang jelas, pembagian JPS Desa Gelora telah kami lakukan sesuai protap. Dan 2500 lebih KK di Desa Gelora sudah kebagian bantuan JPS. Baik JPS dari pusat, provinsi, kabupaten maupun desa," pungkasnya. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama