Pemkab Lotim Ajak 152 Pimpinan Ponpes Diskusi Persiapan Pembukaan Ponpes - OPSINTB.com | News References -->

18/06/20

Pemkab Lotim Ajak 152 Pimpinan Ponpes Diskusi Persiapan Pembukaan Ponpes

Pemkab Lotim Ajak 152 Pimpinan Ponpes Diskusi Persiapan Pembukaan Ponpes

Pemkab Lotim Ajak 152 Pimpinan Ponpes Diskusi Persiapan Pembukaan Ponpes

OPSINTB.com - Menindaklanjuti rencana pembukaan Pondok Pesantren di Lombok Timur, Pemkab kembali gelar rapat koordinasi (rakor) yang bertempat di Pendopo Bupati, Kamis 18/6/2020. Rakor dihadiri Sekda, kementrian Agama Kabupaten Lombok Timur, Kapolres Lombok Timur, Dandim 1615 dan 152 Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada di Lombok Timur.

Sebelum diskusi dimuali, Sekda Lombok Timur, HM Juaini Taofik menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah telah memperomosikan new normal untuk kembali meningkatkan produktivitas. Sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk pelaksanaan new normal seperti kemampuan gugus tugas untuk mengendalikan kasus, fasilitas kesehatan dipastikan memiliki kemampuan untuk menampung jumlah penderita jika terjadi siatuasi yang tidak diinginkan, dan dalam 14 hari terakhir sudah tidak ada lagi kasus baru.

"Di Provinsi NTB belum ada kabupaten/kota yang dapat melaksanakan New Normal karena masih adanya penambahan kasus. Lombok Timur hingga saat ini sudah sampai pada 99 kasus," kata Juaini.

Lanjutnya, angka tersebut masih jauh dari prediksi yang menyebutkan bahwa Lombok Timur sebagai tempat munculnya kasus pertama dan memiliki jumlah penduduk terbanyak di NTB, jumlah kasusunya pada Juni akan mencapai 500 kasus.

Sekda yang merupakan sekretaris gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Lombok Timur juga menyampaikan, bahwa faktor Ponpes menjadi poin penting dalam pengendalian kasus di Lombok Timur. Munculnya kasus pertama di Ponpes menyebabkan ruang gerak penularan yang terbatas. Sehingga ketika ada kasus dan Ponpes langsung di Lockdown maka kasus tidak menyebar secara massif.

"Belajar dari itu pula, Pembukaan Pondok Pesantren tetap harus dibarengi protokol ketat pencegahan Covid-19. Nantinya masing-masing pengurus atau pimpinan pondok pesantren harus mengajukan kesiapannya untuk membuka pondok dengan catatan telah mempersiapkan fasilitas seperti thermogun, fasilitas cuci tangan, dan menjaga jarak fisik, serta tetap mengenakan masker," terang Jaini.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupatan Lombok Timur, H Azharuddin berharap, pembukaan Ponpes ini dapat dimanfaatkan untuk mengejar serapan dan kurikulum. Sebab bagaimana pun proses belajar di Ponpes yang memiliki asrama tentunya akan sangat berbeda jika dilakukan di rumah. "Tidak saja dari segi pengawasan dan disiplin tapi juga suasana kebatinannya," imbuhnya.

152 Ponpes yang diundang hadir dan diharapkan dapat memulai proses belajar tatap muka adalah Ponpes yang memiliki asrama serta memiliki program thfidz, Multi-lingual, pembacaan kitab kuning, baik salah satu di antaranya maupun keseluruhan. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama