Kapolres dan Pemkab Lotim Ambil Langkah Cepat Atasi Masalah Desa Gelora - OPSINTB.com | News References -->

Thursday, June 4, 2020

Kapolres dan Pemkab Lotim Ambil Langkah Cepat Atasi Masalah Desa Gelora

Kapolres dan Pemkab Lotim Ambil Langkah Cepat Atasi Masalah Desa Gelora

Kapolres dan Pemkab Lotim Ambil Langkah Cepat Atasi Masalah Desa Gelora

OPSINTB.com - Polres Lombok Timur (Lotim) bersama Pemkab Lotim mengambil langkah cepat untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di Desa Gelora, Kecamatan Sikur, Rabu 03/6/2020. Kedua belah pihak, baik dari kepala desa dan perwakilan massa hearing dimediasi di Mapolres Lotim.

"Kami langsung mempertemukan kedua belah pihak untuk menyelesaikan masalah yang ada," tegas Kapolres Lotim, AKBP Tunggul Sinatrio SIK MH kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu malam.

Kapolres menjelaskan, saat dilakukan mediasi antara kedua belah pihak, pihak kepolisian dapat menyimpulkan permasalahan yang terjadi.

"Selanjutnya kami akan menggali lebih dalam setiap permasalahan yang ada agar bisa segera diselesaikan," imbuhnya.

Memang, lanjutnya, aksi hearing yang terjadi di Kantor Desa Gelora sempat terjadi sedikit insiden. Di mana insiden disebabkan karena Kades setempat tidak hadir dalam hearing tersebut, sehingga membuat warga sedikit emosi. Akan tapi aparat kepolisian yang berjaga bisa diredam oleh personil yang bertugas. Tidak seperti informasi yang berkembang.

"Untung kami cepat sigap dengan menghimbau masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya dengan tertib," terang Kapolres.

Lanjutnya, untuk menyelesaikan persoalan yang ada di Desa Gelora maupun di desa lainnya, Polres Lotim akan membentuk Tim Penjalin. Tim ini nantinya akan bertugas untuk menyelesaikan permasalahan di tingkat desa agar tidak membias. Pemdes juga akan dititik tekankan pada transparansi data, posko pengaduan dan kontrol kinerja.

"Tim Penjalin akan melibatkan semua unsur di dalamnya," jelas mantan Kapolres Sumbawa itu.

Hal senada dikatakan Sekda Lotim, HM Juani Taofik. Kata dia, pihaknya bersama Polres Lotim dan stakeholder terkait akan menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Desa Gelora.

"Kami sudah mendengarkan masalahnya untuk kemudian mencarikan solusi penyelesaian, agar masalah tersebut tidak membias," tegas Juaini.

Kata dia, ke depan pihaknya juga akan membentuk Tim Penjalin dengan nuansa kearifan lokal, sebagai penjaga atau pelindung. Nantinya tim ini akan mendapingi aparat apabila terjadi permasalahan di tengah masyarakat, seperti hearing.

Sementara, Kasubbag Humas Polres Lotim, IPTU Lalau Jaharudin menambahkan, dengan adanya beberapa solusi yang sudah ditempuh Polres dan Pemda Lotim, segala permasalahan yang ada diharapkan dapat segera menemui titik terang.

Untuk itu, dia menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat Desa Gelora, agar tetap tenang dan menyerahkan sepenuhnya permasalahan yang terjadi kepada pihak kepolisian untuk diselesaikan sesuai dengan aturan yang ada. "Jangan mudah terpancing atau pun terprovokasi oleh orang-orang yang tidak bertanggun jawab," serunya. (met)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama