Hore, 2 Rumah Sakit di Lotim Sudah Bisa Uji Swab Covid-19 - OPSINTB.com | News References -->

30/06/20

Hore, 2 Rumah Sakit di Lotim Sudah Bisa Uji Swab Covid-19

Hore, 2 Rumah Sakit di Lotim Sudah Bisa Uji Swab Covid-19

Hore, 2 Rumah Sakit di Lotim Sudah Bisa Uji Swab Covid-19

OPSINTB.com - Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy meresmikan alat yang memanfaatkan teknologi Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk menganalisis hasil swab pasien yang didiagnosis terjangkit corona virus, Selasa 30/6/2020.

Alat yang ditempatkan di RSUD dr R Soedjono Selong adalah salah satu dari dua alat PCR Lombok Timur. Satu alat lainnya ditempatkan di RSUD Lombok Timur, di Labuhan Haji.

Bupati menyampaikan, keberadaan PCR ini akan sangat membantu tugas Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lombok Timur. Sebab pemeriksaan hasil swab tidak perlu dikirim ke Mataram yang pemeriksaannya membutuhkan waktu karena harus menunggu giliran sesuai urutan masuknya.

"Keberadaan alat ini di Lombok Timur juga akan mempercepat dilakukannya contact tracing," jelasnya.

Bupati Sukiman berpesan agar alat ini dapat dimanfaatkan secara optimal baik dari segi teknis maupun sumber daya manusianya. Hasil PCR harus benar, sesuai kondisi faktual, sehingga keberadaannya benar-benar dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat. Ditekankannya pula agar harga yang ditetapkan dapat dijangkau masyarakat.

Bupati juga meminta agar alat serupa yang ada di RSUD Lombok Timur dapat segera dioperasikan. Selain itu ia juga memberikan target agar RSUD dr R Soedjono Selong dapat meningkat statusnya dari tipe C ke tipe B.

"Tahun 2021 mendatang peningkatan status tersebut sudah terwujud," tegas mantan Dandim 1615 itu.

Disinggung pula rencana pembangunan rumah sakit di Aikmel dan Keruak serta di Apitaik untuk lebih mendekatkan akses kesehatan masyarakat.

Kepada semua pihak Bupati menyampaikan terima kasih karena Lombok Timur dinilai berhasil menekan kasus Covid-19. Menurutnya Ini menandakan semua telah bekerja dengan sebaik-baiknya. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama