Warga Lotim yang Belum Terima BST Diminta Bersabar - OPSINTB.com | News References -->

Minggu, 10 Mei 2020

Warga Lotim yang Belum Terima BST Diminta Bersabar

Warga Lotim yang Belum Terima BST Diminta Bersabar

Bst lombok timur 2020

OPSINTB.com - Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI oleh PT POS Indonesia selaku penyalur di Kabupaten Lombok Timur telah mulai dilaksanakan sejak Sabtu (09/05/2020) kemarin.

Penyaluran dana sebesar Rp 600.000/KK selama tiga bulan, saat ini terdapat kekurangan jumlah KK penerima dari data sebelumnya.

Desa Tembeng Putek, Kecamatan Wanasaba misalnya, data awal penerima manfaat BST ini sebanyak 158 KK, sementara data nominatif penyaluran yang dikeluarkan oleh POS berjumlah 136 KK. Artinya ada kekurangan 22 KK.

Kepala Dinas Sosial Lombok Timur, H Ahmad mengatakan, hal tersebut bukanlah kekurangan namun memang proses penyalurannya yang bertahap.

"Sumber data dari kemensos tidak mungkin ada perbedaan, POS hanya fungsinya sebagai operator penyalur. Kalau pun data yang diusulkan dari desa dan diteruskan oleh Dinsos ke Kemensos itu nanti keluarnya secara bertahap dari kuota yg sudah diberikan Kemensos," jelasnya, Minggu 10/5/2020.

Dinas Sosial memastikan bagi masyarakat yang sudah ada dalam data Kemensos penrima BST akan tetap mendapatkan bantuan ini pada pencairan selanjutnya. "Ya jelas akan dapat, BST Kemensos baru cair 30 persen dari kuota yang diberikan Kemensos," tambahnya.

Bahkan di Lombok Timur ada kecamatan yang belum sama sekali mendapatkan penyaluran tahap pertama ini.

Untuk itu dia menghimbau kepada masyarakat agar tetap bersabar karena saat ini kementeri sosial masih memvalidasi data penerima.

"Kita sabar, Kemensos bukan Lombok Timur aja tetapi seluruh Indonesia yang divalidasi datanya. Begitu jawaban dari pusat," jelasnya. (ham)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama