Libatkan IKM Lokal, GPS Gemilang Dipuji Aktivis Lombok Timur - OPSINTB.com | News References -->

Senin, 18 Mei 2020

Libatkan IKM Lokal, GPS Gemilang Dipuji Aktivis Lombok Timur

Libatkan IKM Lokal, GPS Gemilang Dipuji Aktivis Lombok Timur

Gps gemilang ntb minyak goreng sembako

OPSINTB.com - Yayasan Gumi Paer Lombok (Yagumpal) mengapresiasi langkah cerdas Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah karena telah memberdayakan Industri Kecil Menengah (IKM) lokal, melalui program Jaminan Pengaman Sosial (JPS) Sembako Gemilang.

"Ini langkah cerdas Gubernur dalam menjaga stabilitas ekonomi dan usaha masyarakat di tengah covid-19," kata Sekjen Yagumpal, Lalu Junaidi yang didampingi Ketua Yagumpal, Lalu Mukarraf, Minggu 17/05/2020.

Langkah tersebut dinilai menjanjikan perubahan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan di masa pandemi covid-19. Melalui program JPS Gemilang dengan pemberdayaan IKM, maka para pengusaha lokal skala rumahan tetap mampu bertahan di tengah merosotnya perekonomian Nasional.

Untuk itu, Junaidi berhadap, pola pemberdayaan IKM seperti ini terus dilanjutkan secara berkesinambungan oleh Pemda NTB, dengan memberikan dukungan, partisipasi dan jaminan pasar dari pemerintah.

"Pogram semacam ini, sudah lama diharapkan mendapat dukungan dari Pemprov NTB. Selama ini, selaku pelaku IKM dan petani, menjual hasil produksi ke luar daerah, dengan harga yang tidak memadai," tuturnya.

Dengan pola yang digagas Gubernur melalui JPS Gemilang, memunculkan harapan terwujudnya kesejahteraan, meminimalisir pengangguran dan peningkatan ekonomi masyarakat NTB, khususnya sektor IKM. Hal ini telah dirasakan oleh pelaku industri minyak kelapa, yang telah dilibatkan dalam pengadaan minyak goreng dalam program JPS Gemilang.

"Kami dari Yagumpal sangat mengharapkan dan merekomendasikan kepada Bapak Gubernur NTB, kiranya langkah serupa dapat di kembangkan pada pengolahan dan produksi subsektor lain. Seperti pengolahan rumput laut, pengolahan ikan dan sebagainya," sarannya.

Junaidi juga menyelipkan optimisme terhadap langkah Gubernur dalam program JPS Gemilang tersebut. Baginya, sangatlah tidak beralasan jika ada pihak-pihak yang tidak mendukung program cemerlang tersebut. Bahkan ia berharap langkah cemerlang lainnya segera dicetuskan oleh Gubernur. Apalagi, pandemi Covid-19 ini, telah menyebabkan pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran. Dan yang paling merasakan dampaknya adalah para pelaku IKM.

"Secara terbuka kami menyatakan dukungan ke pak Gubenur. Kami menyaksikan sendiri pelaku usaha kecil bergeliat dengan adanya program ini. Salah satu contohnya, minyak goreng kelapa ini," cetusnya.

Mengingat potensi kelapa yang dimiliki NTB sangat besar, dan selalu menjadi pemasok ke pulau Jawa. Namun dengan adanya pandemi ini, praktis permintaan kelapa menurun dan menyebabkan petani kelapa sangat terpukul. "Sehingga kami menilai, tepat sekali langkah ini dipakai. Minyak kelapa produksi IKM ini, dipakai di program JPS Gemilang," ujarnya. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama