Merasa Berhak Dapat Bantuan PJS Sembako Gemilang? Ini Saran Kadis Sosial NTB - OPSINTB.com | News References -->

Jumat, 17 April 2020

Merasa Berhak Dapat Bantuan PJS Sembako Gemilang? Ini Saran Kadis Sosial NTB

Merasa Berhak Dapat Bantuan PJS Sembako Gemilang? Ini Saran Kadis Sosial NTB

Program Pjs sembako gemilang ntb

OPSINTB.com - Pogram Jaringan Pengamanan Sosial (JPS) Sembako Gemilang telah diluncurkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB. Kendati demikian, program JPS Gemilang masih memiliki keterbatasan anggaran dan hanya menyasar 105.000 KK di NTB.

Oleh sebab itu, Kepala Dinas Sosial NTB, T Wismaningsih Drajadiah menyarankan kepada warga yang tidak kebagian bantuan program JPS Gemilang, agar segera melaporkan diri ke desa masing-masing.

"Jangan karena tidak kebagian lalu protes, karena sebaiknya kalau merasa berhak dan tidak mendapatkan bantuan dari program-program pemerintah lainnya, sebaiknya laporkan diri ke pemerintah desa," saran Ningsih saat dikonfirmasi opsintb.com via telpon, Jum'at 17/04/2020 .

"Mana tau nanti ada penambahan atau bantuan sembako gemilang tahap ke dua," lanjutnya.

Program ini, kata dia, diperuntukkan untuk membantu masyarakat yang saat ini sedang menjalankan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) akibat mewabahnya Virus  Covid-19 sampai tiga bulan ke depan.

Dengan pembatasan sosial ini, menurutnya, sangat menggangu pendapatan masyarakat. Sehingga, melalui program JPS gemilang ini pemprov berinisiatif memberikan bantuan dalam bentuk sembako senilai 250 ribu kepada 105.000 KK di 1.121 desa se-NTB. Itu untuk untuk tahap pertama.

"Dengan jumlah itu kalau dibagi ke 1.121 desa, memang jatuhnya hanya sedikit yang dapat," kata dia.

Tapi perlu dipahami, lanjut Ningsih, yang berhak menerima bantuan ini di antaranya pekerja formal, pekerja informal, ojek online, pegawai honor serta keluarga korban Pasien Dalam Pengawasan (PDP). "Dan mereka itu dipastikan tidak mendapatkan bantuan dari program pemerintah lainnya, seperti bantuan Program PKH atau BPNT," jelasnya.

Bantuan ini akan diberikan dalam bentuk paket sembako yang dipastikan oleh Ningsih, bahwa di dalamnya ada 10 kg beras, 20 butir telor, 1 liter minyak goreng, susu, kacang, kedelai, teh daun kelor, minyak kayu putih dan dua buah masker. Kemudian bantuan akan disalurkan melalui desa masing-masing.

"Karena kami meminta bantuan ke desa untuk melakukan pendataan masyarakat yang berhak, maka kami juga meminta ke pemerintah desa menyalurkan bantuan ini dan saya harap bantuan ini tepat sasaran," pungkasnya. (kim)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama