Sensus Penduduk Online Dimulai, Masyarakat Lotim Diharapkan Berpartisipasi - OPSINTB.com | News References -->

Monday, February 17, 2020

Sensus Penduduk Online Dimulai, Masyarakat Lotim Diharapkan Berpartisipasi

Sensus Penduduk Online Dimulai, Masyarakat Lotim Diharapkan Berpartisipasi

Sensus penduduk lombok timur 2020 dimulai

OPSINTB.com - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Lombok Timur, M Saphoan mengatakan, Sensus Penduduk (SP) Online di tahun 2020 telah dimulai sejak 15 Februari hingga 31 Maret mendatang.

"Hasil SP 2020 ini kan ditunggu oleh banyak pihak. Harapan kita ditahun 2020 ini, kita memiliki satu data kependudukan," kata Saphoan, kepada wartawan di sela kunjungannya ke Pendopo Wakil Bupati Lotim, Senin 17/02/2020.

Data kependudukan sangat diperlukan untuk penyusunan perencanaan dan evaluasi pembangunan. Sehingga, seluruh masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi untuk mengisi SP online melalui Telepon pintar (smart phone) yang dimilikinya.

Sementara itu, bagi masyarakat yang tidak memiliki akses tekhnologi dalam pengisian SP Online, petugas BPS tetap akan melakukan pendataan dengan cara kunjungan. Pasalnya, banyak masyarakat Lombok Timur yang masih gagap tekhnologi, tidak punya smartphone, atau pun berdomisili pada area blank spot (tanpa sinyal).

Pendataan dengan kunjungan, atau yang disebut dengan Sensus Wawancara ini, akan dimulai sejak 1 Juli dan akan berakhir pada 31 Juli 2020 mendatang.

"Kalau ada masyarakat yang tidak bisa ikut secara online, siap-siap untuk menerima petugas kami di 1 Juli 2020," pungkas Saphoan.

Dipaparkan lebih lanjut olehnya, dalam Sensus wawancara, petugas tetap dibekali dengan smart phone. Sehingga, pola sensus konvensional dengan menggunakan kertas, tidak lagi dilakukan.

"Dalam wawancara tidak berbasis konvensional, tidak berbasis kertas. Jadi, sudah berbasis aplikasi," jelasnya.

Untuk mensuskseskan SP Online 2020, Saphoan juga mengklaim telah melakukan berbagai upaya untuk mengedukasikan hal ini kepada masyarakat. Baik melalui pembentukan tim, maupun pelibatan relawan.

"Tim goes to school, yang mendatangi sekolah-sekolah dan Perguruan Tinggi untuk sosialisasi SP online. Kita juga punya banyak relawan, yang melakukan pendampingan terhadap masyarakat dalam pengisian SP online," jelasnya. (ded)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama