Purnama Hadi Ikut Bursa Sekda Lotim, Terobsesi Tingkatkan Pendapatan Daerah - OPSINTB.com | News References -->

Tuesday, February 4, 2020

Purnama Hadi Ikut Bursa Sekda Lotim, Terobsesi Tingkatkan Pendapatan Daerah

Purnama Hadi Ikut Bursa Sekda Lotim, Terobsesi Tingkatkan Pendapatan Daerah


OPSINTB.com - Belum lama ini enam kandidat calon Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur, menjalankan tes wawancara disertai pemaparan visi-misi dan konsep pemikiran atau program kerja.

Momen presentasi wawancara itu diulas balik oleh calon Sekda Purnama Hadi, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (KALAK BPBD) Lombok Timur.

Kepada opsintb.com Hadi menuturkan, Selasa 04/02/2020, pemaparan konsep pemikirannya pada saat tes wawancara itu, ia mengaku terobsesi untuk meningkatkan pendapatan daerah. Pasalnya, menurut Hadi, kemajuan pembangunan suatu daerah tergantung dari besarnya anggaran yang dimiliki oleh daerah tersebut.

"Berdasarkan history, di daerah manapun tidak ada program yang bisa berjalan tanpa kesiapan anggaran," katanya.

Untuk itu, sambungnya, apablia dirinya terpilih sebagai Sekda, ia sudah mempersiapkan beberapa terobosan yang menurutnya mampu mendongkrak pendapatan daerah sebagaimana harapan Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy.

Di antara terobosan yang akan dilakukannya, yakni mengoptimalkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang punya potensi pendapatan untuk daerah seperti retribusi dan pajak, akan diakomodir untuk dilakukan intensifikasi dan ekstensifikasi.

Terobosan ini menurutnya akan mampu meningkatkan pendapatan daerah dan bisa membantu bupati dalam menopang pembiayaan semua program daerah yang sudah dicanangkan.

"Karena saya melihat banyak sekali wajib pajak dan retribusi yang lepas dari pengawasan. Bahakan banyak juga dari obyek tersebut tidak melaporkan perkembangan usahanya, sehingga penting sekali kita melakukan penyuluhan secara rutin dan berkala bersama pemerintah desa," ujar Hadi.

Penyuluhan berkala bersama pemerintah desa ini, diyakininya, mampu mengidentifikasi wajib pajak dan retribusi yang sudah memenuhi syarat tapi belum terdaftar. Sehingga terobosan ini mampu meningkatkan jumlah wajib pajak dan retribusi baru bagi daerah.

Berdasarkan konsep pemikirannya, ia percaya, peningkatan jumlah wajib pajak, retribusi yang baru terdaftar dan temuan obyek pajak yang belum dilaporkan akan mampu meningkatkan pendapatan daerah secara signifikan. (kim)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama