Tahun ini, Arpusda akan Susun Buku Sejarah Lombok Timur - OPSINTB.com | News References -->

15/01/20

Tahun ini, Arpusda akan Susun Buku Sejarah Lombok Timur

Tahun ini, Arpusda akan Susun Buku Sejarah Lombok Timur

Arpusda lombok timur

OPSINTB.com - Sejarah serta budaya Lombok Timur akan tersemat dalam buku sejarah yang akan disusun oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Lombok Timur.

Kepala Arpusda Lombok Timur, H Marwan mengatakan, buku sejarah akan ditulis tahun ini. Ahli sejarah dan penulis Lombok Timur akan segera dikumpulkan untuk merancang buku. Tak lupa, Arpusda juga akan berkoordinasi dengan dinas terkait, seperti Dikbud dan Dispar Lombok Timur.

"Ini program yang harus segera kita laksanakan. Memang program tidak ada tertera dalam Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA), tapi ini inisiatif saya sendiri setelah melakukan survey lapangan," jelas Marwan, Selasa 14/01/2020.

Nantinya, kata dia, buku sejarah akan terfokus pada dua hal yakni mengupas tuntas Sejarah Lombok Timur, termasuk menulis secara rinci profil seluruh Pahlawan setempat. Yang ke dua, penulis akan mendikte budaya Lombok Timur khususnya Pakaian Adat Sasak.

"Untuk buku pertama kita fokus pada sejarah Lombok Timur dan pakaian adat. Untuk budaya Lombok Timur lainnya nanti akan ditulis berikutnya. Buku akan berseri," kata Marwan.

Lanjutnya, Setelah buku selesai ditulis, maka akan dicetak ribuan eksemplar dan akan disebar di semua jenjang pendidikan di Lombok Timur, termasuk untuk masyarakat umum. Dengan begitu, masyarakat diharapkan bisa lebih mengenal sejarah daerahnya termasuk pahlawan Lombok.

Selain itu, agar masyarakat lebih mengenal sejarah dan jenis Pakaian Adat Sasak, terutama cara menggunakannya. "Soalnya sekarang masyarakat asal pakai saja. Tidak bisa membedakan mana pakaian adat Sasak dan adat Bali," imbuhnya.

"Pak Wakil Bupati Lotim juga sering ketawa liat masyarakat Lombok, tapi justeru merek pakai pakaian adat Bali," sambungnya.

Untuk itu, buku Sejarah Lombok Timur diharapkan bisa menjadi solusi atas persoalan tersebut. Termasuk beberapa persoalan budaya dan kearsipan lainnya. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama